Ada Proyek MRT Fase II, JPO Bank Indonesia Dibongkar

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 12:00 WIB
Pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II sudah mulai berjalan. Proyek ini akan menyambung Bundaran HI hingga Kota Tua.
Foto: Ilustrasi proyek MRT fase II (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

Proyek Mass Rapid Transit Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II koridor Bundaran HI-Stasiun Kota mulai dibangun. Sehingga, jembatan penyebrangan orang (JPO) di depan Gedung Bank Indonesia (BI) akan dibongkar sementara.

"Sehubungan dengan pembangunan proyek mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) Fase II koridor Bundaran HI-Stasiun Kota, akan dilakukan pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung mulai 4-20 September 2020," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/8/2020).

Nadia menerangkan, pembongkaran dilakukan secara bertahap bertujuan agar tidak mengganggu masyarakat yang hendak melintas atau yang akan menggunakan Halte Transjakarta.

"Proses pembongkaran sendiri akan dilakukan oleh PT MRT Jakarta secara bertahap. Hal ini agar tidak mengganggu masyarakat yang melintas di sekitar lokasi maupun pelanggan yang ingin menggunakan layanan Transjakatrta di Halte Bank Indonesia," ucapnya.

Halte sementara akan dibangun agar layanan bus TransJakarta tidak terganggu. Nantinya, akan ada dua halte sementara yang akan dibangun yakni di depan Bank Indonesia arah Kota dan di depan Bank Mandiri 10 untuk arah Blok M.

"Setelah Halte sementara selesai dibangun, maka semua pelanggan yang biasa menggunakan Halte Bank Indonesia akan dipindah ke halte sementara hingga proses pembangunan MRT Jakarta Fase II rampung," ucap Nadia.

Dengan adanya pembongkaran JPO, Halte Transjakarta di depan Bank Indonesia masih dapat digunakan. Para penumpang juga masih bisa menggunakan pelican crossing untuk menyebrang.

"Transjakarta memohon maaf atas ketidaknyaman pelanggan selama proses pembongkaran JPO berlangsung. Namun, pelanggan tetap dapan menggunakan layanan Transjakarta dengan menggunakan pelican crossing yang tersedia di halte Bank Indonesia. Selanjutnya, untuk kenyamanan pelanggan yang mengakses halte Bank Indonesia," ujarnya.

(man/aik)