Dear Calon Suami, Kemampuan Memasak Jadi Penting untuk 3 Momen Ini

Abu Ubaidillah - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 11:06 WIB
memasak
Foto: shutterstock
Jakarta -

Memasak bukan hanya tugas istri, suami juga harus pintar dalam urusan yang satu ini. Apalagi jika istri mengalami kondisi fisik yang membuatnya tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah momen ketika istri membutuhkan uluran tangan suami.

1. Saat Istri Hamil

Saat istri sedang hamil, terutama pada trimester pertama, istri akan mengalami banyak ketidaknyamanan dalam tubuhnya karena harus menyesuaikan perubahan hormonal. Istri akan lebih sering mual dengan atau tanpa muntah, mudah lelah, maag.

Tidak hanya ketidaknyamanan fisik, melainkan emosi istri yang sedang berada pada trimester pertama juga bisa cepat berubah, seperti merasa senang, cemas, gembira, dan lelah sekaligus. Suami pun bisa membantu memasak dan menyiapkan makanan untuk meringankan beban fisik dan mental istri.

2. Saat Istri Baru Saja Melahirkan

Kondisi kesehatan yang memburuk adalah hal wajar setelah melahirkan. Sejumlah kondisi fisik dialami istri pada momen ini, mulai dari nyeri dada hingga sakit kepala parah.

Bahkan pada beberapa kondisi, istri bisa mengalami hal yang lebih buruk seperti infeksi, pembekuan darah, dan sebagainya. Kemampuan memasak suami pun sangat diperlukan pada momen ini, terlebih jika istri melahirkan di rumah, bukan rumah sakit.

3. Saat Istri Sakit

Saat istri sakit, ia dianjurkan untuk banyak beristirahat agar sistem kekebalan tubuhnya kembali pulih. Istirahat bisa dilakukan dengan tidur. Saat bangun, dianjurkan untuk minum air yang cukup dan makan-makanan bergizi.

Peran suami dalam memasak di sini sangat penting untuk membantu menyiapkan masakan bergizi bagi istri agar cepat sembuh. Memasak juga dilakukan sekaligus untuk meringankan beban istri yang tidak bisa melakukan aktivitas-aktivitas berat.

Ketiga momen ini juga jadi alasan tugas memasak bukan hanya dilimpahkan kepada istri, apalagi jika istri juga ikut bekerja. Untuk itu, menjadi penting untuk berbagi cara memasakan antara suami dan istri.

Bagi suami yang sedang belajar masak di rumah, pemilihan bahan baku yang tepat bisa memudahkan suami untuk memasak, misalnya untuk pilihan kecap bisa memilih Kecap ABC yang dibuat dari perasan pertama yang membuat masakan apa saja menjadi sedap dinikmati.

Kecap ABC juga mendukung semangat kesetaraan gender di Indonesia. Kecap ABC percaya bahwa kesetaraan gender bisa dimulai dalam keluarga di rumah. Salah satunya melalui program Koki Muda Sejati 2020. Sebelumnya, Kecap ABC juga meluncurkan program Suami Sejati Masak di tahun 2018.

"Koki Muda Sejati 2020 akan memperkuat komitmen Kecap ABC, yaitu semangat kesetaraan gender yang harus dimulai dalam keluarga di rumah," ungkap Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG Mira Buanawati, dikutip detikcom, Kamis (3/9/2020).

Koki Muda Sejati 2020 merupakan bentuk dukungan terhadap paham kesetaraan gender yang perlu ditanamkan pada generasi muda. Kecap ABC yakin pemahaman ini bisa menjadi modal bagi generasi mudah dalam menjalani kehidupan rumah tangga serta mengubah persepsi masyarakat mengenai kesetaraan gender.

(mul/ega)