Pandemi COVID-19 Masih Berlangsung, Kapan Bisa Umroh?

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 19:53 WIB
Arab Saudi yang menutup sementara perjalanan umroh untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Berikut foto-foto suasana terkininya.
Foto: AP Photo/Pandemi COVID-19 Masih Berlangsung, Kapan Bisa Umroh?
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengakibatkan terjadinya perubahan aktivitas peribadatan, termasuk pelaksanaan haji dan umroh. Pemerintah Arab Saudi awalnya hendak membatalkan haji, namun akhirnya tetap dilaksanakan meskipun dengan mekanisme terbatas.

Pembatasan yang dilakukan Arab Saudi agar jarak antar jemaah tetap terjaga agar menurunkan risiko penularan COVID-19. Mekanisme ini dinilai banyak pihak membantu Arab Saudi berhasil menggelar haji 2020/1441 H.

Bila haji dilaksanakan dengan mekanisme terbatas, bagaimana dengan umroh? Apakah umroh akan dilaksanakan dalam waktu dekat?

Menjawab hal ini, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Endang Jumali mengatakan akan bertemu dengan Kementerian Haji Saudi. Pertemuan ini membahas penyelenggaraan umroh 2021 atau 1442 H.

"Kita berinisiatif meminta pertemuan dengan Wakil Menteri Haji bidang Umroh Dr Abdulaziz Wazzan untuk membahas umroh di masa pandemi. Tim KJRI dijadwalkan bertemu pada Kamis mendatang," kata Endang.

Endang mengatakan, pertemuan juga akan diikuti Konjen RI di Jeddah dan sejumlah konselor. Endang mengatakan, pertemuan juga akan membahas dan memastikan momen pembukaan umroh 1442 H dan teknisnya selama pandemi COVID-19 akan berlangsung.

Kondisi di Arab Saudi saat ini terus membaik. Kasus positif terus mengalami penurunan dengan jumlah yang cukup signifikan. Endang mengatakan, penurunan angka positif COVID-19 sekarang sudah di angka 800-an dari awalnya 3000-an selama satu bulan terakhir.

(row/erd)