Densus 88 Jemput 1 Warga Poso yang Diduga Simpatisan Aktif Kelompok MIT

Mohammad Qadri - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 17:33 WIB
Kapolda Sulten, Irjen Rakhman Baso
Kapolda Sulten Irjen Rakhman Baso (Foto: dok. Istimewa)
Palu -

Densus 88 menjemput seorang warga di Kayamanya, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Menurut Kapolda Sulteng Irjen Rakhman Baso, warga tersebut diduga terlibat sebagai simpatisan aktif pada kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso.

"Yang terduga berinisial S alias MY. Ia dijemput oleh Tim Densus 88 pada beberapa hari yang lalu di rumahnya di daerah Kayamanya, Poso. Untuk informasi yang bisa kita sampaikan bahwa S alias MY adalah simpatisan aktif kelompok MIT," kata Rakhman kepada wartawan pada, Rabu (2/9/2020).

Rakhman mengatakan saat ini penyidik Densus 88 masih memeriksa S alias MY. Menurutnya, keterlibatan dan peran S alias MY akan bisa disampaikan setelah ada hasil dari penyidikan.

"Peran ataupun keterlibatannya pada aktivitas kelompok MIT akan kami sampaikan setelah penyidikan selesai," ucap Rakhman.

Dia menyampaikan Operasi Satuan Tugas Tinombala tidak hanya berbicara penegakan hukum, tetapi juga bagaimana memberdayakan masyarakat Poso. Rakhman berharap orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) menyerahkan diri kepada aparat TNI/Polri.

"Berbicara target terkait Operasi Satgas Tinombala, ya apabila semua DPO mau menyerahkan diri dan dilakukan penegakan hukum atau tertangkap dengan tindakan tegas terukur. Dan menyerapkan berbagai cara dengan memberdayakan masyarakat Poso," pungkasnya.

(fas/fas)