Detik-detik Tabung Gas Balon Meledak yang Tewaskan 1 Orang di Depok

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 09:56 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi garis polisi. (Ari Saputra/detikcom)
Depok -

Sebuah tabung gas untuk balon yang meledak di Pancoranmas, Depok, Jawa Barat, mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua orang mengalami luka berat. Polisi menyebut ledakan tersebut sempat menggetarkan rumah warga.

Kasat Reskrim Polres Depok Kompol Wadi Saabani mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (1/9) pukul 20.45 di Kampung Kekupu, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Kala itu korban Yama Hendra (30), Dimas (31), dan Deni (34) tengah mengisi tabung gas pembuatan balon.

"Saudara Yama Hendra, Dimas, dan Deni sedang melakukan pengisian tabung gas dengan campuran karbit dan aluminium foil untuk mendapatkan gas hidrogen guna pengisian gas pembuatan balon," kata Wadi dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (2/9/2020).

Wadi mengatakan, saat melakukan pengisian gas pembuatan balon tersebut, para korban tidak melakukan penyiraman menggunakan air sehingga membuat tabung gas menjadi panas dan meledak.

Menurut Wadi, ledakan tabung gas tersebut sempat membuat getaran yang cukup kuat ke rumah warga sekitar. Ledakan itu juga menyebabkan Deni meninggal dunia.

"Saat tabung gas pecah hancur, dan menimbulkan suara ledakan keras sebanyak sekali dan membuat getaran yang cukup kuat ke rumah warga sekitar," jelas Wadi.

"Satu orang atas nama Deni meninggal dunia dengan luka berat, kaki kiri putus. Dimas mengalami luka diduga kaki kanan patah dan Yama Hendra luka-luka di kedua kakinya," sambung Wadi.

Kedua korban tersebut sendiri saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Fatmawati. Polisi hingga kini belum memerinci terkait total kerugian dari kasus tersebut. Diketahui, Ketiganya membuka usaha balon gas selama 10 tahun terakhir.

Tonton video 'Rumah Warga di Cimahi Hancur Akibat Tabung Gas Meledak':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)