Janji Anies ke Doni Monardo: Tutup Bioskop Jika Ada Pelanggaran

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 06:38 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo
Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah diskusi langsung membahas pembukaan bioskop di Jakarta. Menurut Doni, Anies akan mengawasi secara serius pelaksanaan pembukaan bioskop di masa pandemi Corona.

"Terkait pembukaan bioskop, mulai pra kondisi. Gubernur (Anies) janji ketika ada pelanggaran langsung ditutup. Jadi kita yakin masyarakat kita sudah cukup dewasa untuk menilai mana yang aman dan yang beresiko," ucap Doni, Selasa (1/9/2020).

Selain bioskop, beberapa tempat hiburan lain masih belum diperbolehkan buka. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Corona di Jakata.

"Untuk wisata urbana, hiburan malam, kemudian diskotek, karaoke belum diperbolehkan," ujarnya.

Doni menyebut, pemerintah harus memastikan kebijakan di masa pandemi, khususnya pelonggaran, tidak asal dikeluarkan. Keselamatan masyarakat menjadi pertimbangan utama.

"Keselamatan masyarakat adalah hukum yang tertinggi," katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bioskop di Ibu Kota akan segera dibuka. Dia mengatakan saat ini regulasi terkait teknis dan aturan dalam berkegiatan di bioskop sedang disusun.

"Pertama, kita akan menyiapkan regulasi secara lengkap, dan regulasi itu memasukkan semua unsur yang tadi disampaikan Prof Wiku. Pertama, soal kualifikasi siapa saja yang bisa ikut menonton di biskop, kedua soal pemesanan tiket yang semua harus dilakukan secara online, dan tidak ada pembelian tiket di lokasi," kata Anies dalam tayangan yang disiarkan langsung di YouTube BNPB, Rabu (26/8).

"Kemudian juga tentang masker, filtrasi udara, lalu pembersihan secara teratur, kemudian juga pengaturan tempat duduk di dalam bioskop, dan kewajiban menaati prinsip 3M untuk para karyawan dan proses menuju dan keluar dari lokasi," lanjut Anies.

Tonton juga video 'Anies Mau Buka Bioskop, Pimpinan DPR Ingatkan Protokol Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/zap)