Jadwal Sholat DKI Jakarta Hari Ini dan Waktu Buka Puasa

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 05:02 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev/Jadwal Sholat DKI Jakarta Rabu (2/9/2020) plus Waktu Buka Puasa
Jakarta -

Sholat lima waktu menjadi salah satu kewajiban semua umat Islam setiap hari tanpa ada waktu libur. Hanya muslim dengan syarat tertentu yang boleh tidak menunaikan sholat wajib, misal perempuan yang sedang datang bulan.

Demi terlaksananya kewajiban sholat lima waktu, Rasulullah SAW telah menjelaskan sejumlah keringanan yang bisa diterapkan para muslim. Misal boleh sholat sambil duduk atau tiduran jika tidak mampu berdiri.

صَلِّ قائماً، فإِن لم تستطع فقاعداً، فإِن لم تستطع فعلى جَنب

Artinya: "Sholatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk, dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring." (HR Bukhari).

Jadwal sholat untuk Selasa (2/9/2020) bisa dilihat di berbagai sumber salah satunya situs Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama. Jadwal juga menyertakan waktu buka puasa bagi yang mengerjakan puasa Ayyamul Bidh selama tiga hari.

Berikut jadwal sholat Selasa (2/9/2020):

1. Imsak: 04.27

2. Subuh: 04.37

3. Terbit: 05.49

4. Dhuha: 06.17

5. Zuhur: 11.56

6. Asar: 15.13

7. Maghrib: 17.55

8. Isya: 19.04

Melaksanakan sholat lima kali sehari sebetulnya tidak semata memenuhi kewajiban sebagai muslim. Dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 45, Allah SWT telah mengingatkan sholat dan sabar sesungguhnya penolong saat berada dalam kesulitan.

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Arab latin: Wasta'īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, wa innahā lakabīratun illā 'alal-khāsyi'īn

Artinya: "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu."

(row/erd)