Kecap ABC Ajak Milenial Dukung Kesetaraan Gender di Rumah

Inkana Putri - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 13:50 WIB
bersih-bersih rumah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kesetaraan gender hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Pemahaman kesetaraan gender membuat stereotip perempuan dan laki-laki masih melekat di masyarakat. Tak heran jika saat ini baru dua per tiga negara berkembang yang telah mencapai kesetaraan gender di pendidikan dasar seperti dikutip dari United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia.

Di Indonesia, kesetaraan gender juga masih merupakan suatu hal yang belum sepenuhnya berlaku. Tak hanya di tempat kerja, perempuan masih sering dianggap memiliki kedudukan yang jauh berbeda dalam rumah tangga. Terlihat dari peran domestik yang cenderung dianggap menjadi tanggung jawab perempuan sepenuhnya di rumah.

Merespons hal ini, Kecap ABC hadir sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesetaraan gender di Indonesia. Kali ini Kecap ABC menghadirkan program Koki Muda Sejati 2020 dan mengajak milenial untuk mendukung kesetaraan gender di Indonesia. Kecap ABC percaya kesetaraan gender perlu dipahami sejak dini dan dimulai dari lingkup keluarga .

"Koki Muda Sejati 2020 akan memperkuat komitmen Kecap ABC, yaitu semangat kesetaraan gender yang harus dimulai dalam keluarga di rumah," ujar Head of Legal & Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG Mira Buanawati, dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

Selain fokus pada produk rumah tangga, Mira mengatakan Kecap ABC ingin menyebarkan pemahaman kesetaraan gender agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan berumah tangga. Sebelumnya, Kecap ABC juga telah meluncurkan program Suami Sejati Masak dengan berbagai kegiatan yang mendukung para suami untuk menjadi mitra sejajar di dapur.

Lebih lanjut Mira menjelaskan meskipun di tengah pandemi COVID-19, Kecap ABC tetap terus hadir mendidik generasi muda. Oleh karena itu, Koki Muda Sejati 2020 akan dilakukan secara online melalui platform Ruang Guru dengan menghadirkan berbagai artikel yang mengajarkan tentang pemahaman kesetaraan gender.

Kecap ABC percaya generasi muda yang paham tentang kesetaraan gender akan bisa membangun keluarga lebih baik di masa depan mereka. Pasalnya, kesetaraan gender menjadi salah satu modal besar untuk menciptakan keluarga yang lebih harmonis. Adapun bentuk kesetaraan gender di rumah bisa dilakukan dengan berbagi peran domestik seperti memasak, mengurus anak, membersihkan rumah, dan berbagi pekerjaan rumah tangga yang lainnya.

"Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi masyarakat dan membangun perilaku yang lebih baik di kalangan anak muda," pungkasnya.

(mul/ega)