Jajak Pendapat: Jika Tak Identik Amien Rais, PAN Untung atau Buntung?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 11:13 WIB
Sejumlah tokoh partai hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Isu partai baru sempalan PAN menghangat. Elite PAN mengingatkan Amien Rais bahwa partai matahari putih tak akan identik lagi dengan 'Bapak Reformasi' itu jika partai baru tersebut berdiri. Menurut Anda, PAN untung atau rugi?

Kabar soal partai baru sempalan PAN ini dikabarkan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin. Dia menyatakan saat ini pihaknya sedang memilih nama. Pilihan nama ini mengerucut ke 'PAN Reformasi', meski belum final.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi tampak dingin menanggapi isu partai baru ini. Dia mengingatkan bahwa Amien Rais tak akan identik lagi dengan PAN jika membentuk partai baru.

"Jika Pak Amien mendirikan partai politik baru, maka publik akan menilai Pak Amien keluar dan meninggalkan PAN dan PAN tidak akan identik lagi dengan Pak Amien Rais," ujar Viva, Selasa (1/9/2020) hari ini.

Amien Rais dan PAN memang identik. Sebagai salah seorang pendiri, Amien Rais cukup lama menjadi tokoh sentral di PAN.

Jika pisah jalan dengan mendirikan partai baru, tentu ada untung-rugi bagi PAN dan Amien Rais. PAN bisa dikatakan kehilangan tokoh sentralnya. Sedangkan Amien kemungkinan kehilangan sebagian pendukungnya.

Bagaimana menurut Anda, PAN lebih untung atau rugi jika tak identik lagi dengan Amien Rais? Sampaikan di kolom komentar!

(imk/fjp)