PAN: Amien Rais Tak Identik PAN Jika Bikin Partai Baru

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 11:02 WIB
Viva Yoga Mauladi
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Tokoh senior PAN Amien Rais sedang mempersiapkan partai baru bernama PAN Reformasi. Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengingatkan Amien Rais tak akan identik lagi dengan partainya jika membuat partai baru.

"PAN itu sayang sama Pak Amien Rais. Pak Amien adalah salah satu pendiri PAN," kata Viva kepada wartawan, Selasa (1/9/2020).

Menurut Viva, bila Amien Rais mendirikan partai baru, masyarakat akan menilai Amien Rais meninggalkan PAN. Hal itu menurut Viva berdampak PAN tak dikait-kaitkan lagi dengan Amien Rais.

"Tetapi jika Pak Amien mendirikan partai politik baru, maka publik akan menilai Pak Amien keluar dan meninggalkan PAN dan PAN tidak akan identik lagi dengan Pak Amien Rais," ujar Viva.

Belakangan ini diketahui Amien Rais sedang menggodok partai baru yang kemungkinan akan bernama PAN Reformasi. Partai baru itu akan dideklarasikan pada Desember mendatang.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Kemunculan PAN Reformasi disikapi dengan cibiran oleh Putra Amien Rais, yakni Mumtaz Rais. Mumtaz menyebut PAN Reformasi sebagai PAN Halusinasi.

"Mereka (anggota Dewan dan kepala daerah PAN) semua sibuk bekerja, bukan seperti para pengangguran itu yang luntang-lantung berhalusinasi mau bikin partai. Kalau memang PAN halusinasi (baca: PAN Reformasi) ini sampai beneran terbentuk dan diisi oleh seperempat saja dari anggota Dewan kita yang berjumlah sekitar 1.500-an, maka saya sebagai Ketua PoK DPP penjaga tangguh benteng PAN ini, akan berenang dari pantai Kapuk sampai Labuan Bajo, sebagai bentuk giveaway, persembahan dari saya," kata Mumtaz kepada wartawan, Senin (31/8).

Tonton juga video 'Amien Rais Sarankan Jokowi Mundur Sebagai Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/tor)