Telin Kerja Sama Bidang Pengembangan SDM dengan SGU

Abu Ubaidillah - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 23:19 WIB
Telin
Foto: Dok. Telin
Jakarta -

PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan Swiss German University (SGU) bekerja sama dalam program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai bidang keahlian, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan melibatkan sumber daya manusia dari Telin dan SGU.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara CEO Telin, Sukardi Silalahi dan Rektor SGU, Filiana Santoso bertempat di SGU, Prominence Tower, Jumat (28/8) lalu.

"Kerja sama ini dilaksanakan dengan semangat untuk meningkatkan kapabilitas SDM Telin melalui sharing knowledge oleh para karyawan Telin kepada mahasiswa SGU di mana Telin pun memperoleh support dari SGU berupa pemikiran serta penelitian terkini," ujar Sukardi dalam keterangan tertulis, Senin (31/9/2020).

Program penelitian dan pengembangan masyarakat ini memberikan peluang kepada mahasiswa SGU untuk mendukung seluruh inovasi serta pengembangan solusi dalam bidang digital yang dilakukan oleh Telin.

Untuk pembelajaran, ada kesempatan untuk manajemen maupun karyawan Telin melakukan share knowledge dan expertise baik sebagai dosen tamu di kelas atau webinar. Kemudian untuk penelitian, ada kesempatan untuk kedua belah pihak saling bertukar informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian atas solusi yang tengah dikembangkan Telin.

Kerja sama ini juga akan memberikan nilai tambah untuk SGU dalam memberikan aplikasi terapan selain dari teori yang diterima di kelas.

"SGU merupakan universitas yang memiliki standar internasional dalam sistem belajar mengajar, termasuk seluruh staf pengajar dan mahasiswanya. Maka kerjasama Telin dan SGU merupakan kerja sama yang saling menguntungkan kedua institusi," sambungnya.

Sebelumnya, Telin dan SGU juga telah memiliki program sosial kepada masyarakat, namun melalui kerja sama ini, aktifitas dari kedua institusi ini bisa semakin kaya dan manfaat yang diberikan kepada masyarakat pun semakin optimal.

Kegiatan ini akan mencakup pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, Filiana mengatakan kerja sama antara pihak swasta dan perguruan tinggi yang ditujukan untuk masyarakat adalah salah satu bentuk nyata dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari unsur pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Selain itu, kerja sama ini akan memacu para mahasiswa untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing," pungkasnya.

(prf/ega)