Ini Alur Perjalanan Pemotor Masuk Tol Bekasi Timur dan Putar Balik di KM 21

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 17:55 WIB
Pemotor Bonceng 3 Masuk Tol di Bekasi
Foto: Pemotor masuk Tol Bekasi Timur (screenshot video)
Jakarta -

Tiga orang perempuan berboncengan motor masuk Tol Bekasi Timur. Ketiganya sempat terjatuh setelah bersenggolan dengan mobil di lajur 4 KM 08 B Tol Bekasi Timur arah Jakarta.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (30/8). Kepala Induk Turangga 05 Korlantas Polri Kompol Faisal menjelaskan bahwa motor tersebut awalnya masuk melalui KM 12 Tol Bekasi Timur arah Cikampek.

"Iya dia masuk Tol Bekasi Timur yang arah Cikampek. Jadi nggak ada pembatasan di situ nggak ada beban. Nggak ada petugas di situ cuma ada rambu-rambu aja," jelas Faisal saat dihubungi detikcom, Senin (31/8/2020).

Selanjutnya, motor tersebut putar balik di KM 21 Tol Bekasi Timur. Mereka masuk ke ruas Tol Bekasi Timur mengarah Jakarta melalui celah pembatas jalan.

"Urutannya dia masuk dari Bekasi Timur arah Cikampek, itu di sekitar KM 18 ya. Habis itu dia lurus ke arah Cikampek terus dia puter di KM 21. Dia puter di KM 21 terus lurus ke arah Jakarta," katanya.

Petugas Jasa Marga mendapati motor tersebut di KM 12 Tol Bekasi Timur arah Jakarta. Petugas kemudian mengejar untuk memberhentikan motor tersebut.

"Di KM 12 petugas lihat ada motor. Kemudian di KM 11 sodetan Cikunir, dia dari jalur 1 sudah berhenti, kemudian manuver lagi ke lajur 4 lajur paling kanan terus lurus habis itu setelah dari lajur 4 di KM 8, dia mau masuk lagi ke lajur 1," jelasnya.

Pada saat hendak mengambil lajur 1 di KM 8 Tol Bekasi Timur arah Jakarta, motor tersebut menyenggol mobil Pajero yang sedang melintas di lajur 2. Ketiganya kemudian terjatuh.

"Nah pada saat mau masuk ke lajur 1 lah, di lajur 2 dia nabrak mobil, nyenggol mobil sebelah kanan Pajero. Jadi jatuhnya di KM 8 tadi," katanya.

Petugas Jasa Marga kemudian mengamankan motor dan ketiga perempuan tersebut. Polisi kemudian menilang pemotor dengan pasal berlapis karena melanggar rambu hingga tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tak berhelm.

Kepada polisi, pemotor mengaku nekat masuk ke ruas jalan tol karena dikejar-kejar oleh mobil. Namun tidak jelas apa yang membuatnya dikejar-kejar mobil.

(mei/fjp)