DPRD DKI Gelar Uji Kelayakan Cawalkot Jakbar-Bupati Kepulauan Seribu

M Ilman Nafian - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 16:20 WIB
Gedung DPRD DKI Jakarta
Foto: Gedung DPRD DKI Jakarta (Ari Saputra)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon Wali Kota Jakarta Barat (cawalkot Jakbar) dan calon Bupati (cabup) Kepulauan Seribu hari ini. Untuk cawalkot Jakbar yang menjalani uji kelayakan, yakni Uus Kuswanto (saat ini Wakil Wali Kota Jakarta Timur). Untuk cabup Kepulauan Seribu yang diuji, yaitu Junaedi (saat ini Wakil Bupati Kepulauan Seribu).

Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik memastikan pihaknya akan segera merekomendasikan nama cawalkot Jakbar dan cabup Kepulauan Seribu kepada Gubernur Anies Baswedan. Taufik menilai baik Uus maupun Junaedi memiliki rekam jejak karir yang baik.

"(Uus dan Junaedi) memenuhi syarat. Pertama dari jenjang karir yang ke dua mereka kan wakil, wakil, nggak akan nyasar lah mereka. Ya sudah tinggal kita masih rekomendasi ke Pak Gubernur," kata Taufik kepada wartawan, di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (31/8/2020).

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir menjelaskan, uji kelayakan tersebut digelar karena Bupati Kepulauan Seribu saat ini, Husein Murad telah masuk masa pensiun pada 1 Agustus 2020. Sementara, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengajukan pensiun pada September 2020.

"Bupati (Kepulauan Seribu pensiun) 1 Agustus. Kalau Wali Kota Jakbar karena ini mengajukan di bulan September ini sudah tidak aktif, karena beliau aktif di pengurus PMI," kata Chaidir di Balai Kota DKI.

Tonton video 'Anies Beberkan Tantangan Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)