Cek Pembangunan Jalan di Musi Rawas, Herman Deru Riding Puluhan Kilo

yud - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 15:10 WIB
Herman Deru
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengecek perbaikan ruas jalan yang membujur dari Sp. Semabang sampai Sp. 9 Bangun Jaya-Simpang Stasiun Jane hingga perbatasan Kabupaten PALI di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Dalam agenda hari Minggu (30/8) itu, Herman mengendarai sepeda motornya menempuh jarak puluhan kilometer bersama rombongan, salah satunya Bupati Kabupaten Musi Rawas Hendra Gunawan.

"Hari minggu orang biasa digunakan untuk holiday atau aktivitas-aktivitas nonpekerjaan tapi kita masih mengurus pekerjaan," kata Herman dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

"Saya menempuh perjalanan naik sepeda motor dengan Pak bupati beserta rombongan menempuh jarak puluhan kilometer. Ini bukan untuk bersenang-senang tapi kami akan melihat kondisi langsung apa yang terjadi baik itu kondisi sosial, ekonomi dan infrastrurktur," lanjut Herman.


Pembangunan jalan tersebut, jelas Herman, bertujuan untuk memberikan akses kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas ekonomi maupun kedinasan. Namun, pembangunan tersebut masih menemui hambatan terkait masalah pinjam pakai kawasan hutan.

"Tadi Kepala Dinas Kehutanan saya panggil. Saya minta dalam waktu satu minggu ini segera kerja samakan masalah penguhubung Simpang Belimbing - Pendopo dan Pendopo - Musi Rawas. Mudah-mudahan ini bisa terlaksana. Tahun 2021 masyarakat sudah bisa meraskannya," jelas Herman.

Ia menerangkan, pembangunan ruas jalan Sp 9. Bangun jaya-Simpang Stasiun Jane tidak hanya menggunakan dana dari APBN dan APBD. SKK Migas bersama mitra juga ikut berkontribusi mendukung pembangunan jalan tersebut.

Hendra Gunawan mengapresiasi Herman yang mau turun langsung mengendarai motor untuk melihat langsung jalan yang akan dibangun. Ia menyebut jalan tersebut direncanakan rampung tahun 2021.

"Terima kasih ini kepada Bapak Gubernur inilah baru pemimpinan yang cucur berkeringat demi masyarakat tidak hanya di meja saja. Atas nama rakyat Musi Rawas kami ucapkan terima kasih," kata Hendra.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Adianto Agus Handoyo bersyukur komitmen SKK Migas untuk berkontribusi dalam pembangunan jalan telah terealisasi. Ia mengatakan dukungan tersebut dicurahkan sebagai bentuk kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

"Harapan kami dengan diresmikannya jalan ini semoga dapat menjadi fasilitas yang memudahkan akses mobilitas masyarakat," ujar Adianto.

(mul/mpr)