PAN Reformasi Jadi Kado Pahit Ultah Ke-58 Zulkifli Hasan?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 13:06 WIB
Sejumlah tokoh partai hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais dan Zulkifli Hasan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ketum PAN Zulkifli Hasan hari ini berulang tahun ke-58. Namun peringatan hari ulang tahunnya ini diwarnai munculnya sempalan PAN yang kemungkinan bernama 'PAN Reformasi'.

Saat ini tokoh senior PAN yang juga besan Zulkifli Hasan, Amien Rais, sedang menggodok partai baru yang kemungkinan akan bernama 'PAN Reformasi'. Partai baru itu akan dideklarasikan pada Desember mendatang.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8) lalu.

Rencana berdirinya calon sempalan ini merupakan buah dari bibit perpecahan di tubuh internal partai matahari putih itu sejak kongres Kendari pada Februari lalu. Kemenangan Zulkifli di kongres itu disambut cibiran kubu Amien Rais, yang menjagokan Mulfachri Harahap.

Susunan kepengurusan PAN yang disusun Zulkifli juga menuai protes. Putra sulung Amien, Hanafi Rais, bahkan mundur dari kepengurusan PAN dan melepas kursinya di DPR.

Sementara itu, putra Amien Rais yang lain, Mumtaz Rais, tetap mendukung Zulkifli, yang merupakan ayah mertuanya. Muncul pula isu keretakan di tengah keluarga Amien Rais akibat sikap Mumtaz tersebut.

Bak bola salju, perpecahan di kongres terus menggelinding hingga munculnya wacana pembentukan partai baru. Rencana itu kian serius, Amien dan pendukungnya terus berkumpul menggodok partai baru tersebut, hingga muncullah nama 'PAN Reformasi'.

DPP PAN kalem menanggapi wacana PAN Reformasi ini. Langkah Amien dkk memang disayangkan, tapi rasa hormat tetap tersemat.

Sekjen PAN Eddy Soeparno juga tak menganggap PAN Reformasi sebagai 'kado pahit' bagi ulang tahun ke-58 Zulkifli Hasan. Eddy meyakini ada pelajaran di balik setiap peristiwa.

"Setiap ultah, milad, selalu kita jadikan rujukan bagi kita untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, kita diberikan usia satu tahun lagi. Kedua, ya tentu kita semakin mendekatkan diri kepada Allah bahwa usia kita bertambah 1, artinya di ujung berkurang 1, itu saya kira menjadi pegangan bagi kita, termasuk Bang Zul juga," ucap Eddy.

Eddy mengatakan Zulhas bersyukur atas apa yang sudah diberikan saat ini. Baik cobaan maupun tantangan.

"Bang Zul mensyukuri segala nikmat yang diberikan, apa pun yang diberikan oleh Allah kepada Bang Zul, apakah itu coba, tantangan, maupun berbagai rahmat dan karunia itu disyukuri oleh beliau," imbuhnya.

Soal ultah Zulhas hari ini, Eddy mendoakan ketumnya itu sehat selalu. Dia juga mendoakan PAN jadi partai terdepan di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan.

"Terucap doa dan harapan Bang Zul senantiasa sehat, diberikan usia yang panjang dan bermanfaat, membawa berkah kepada keluarganya, kepada Partai Amanat Nasional, mendapatkan berkah yang melimpah dari Allah SWT, kemudian kebahagiaan bersama keluarga, bersama sahabat, bersama para anak bangsa yang mengenal dan dikenal beliau," kata Eddy kepada wartawan, Senin (31/8/2020).

Tonton video 'Cerita Zulhas Pernah Ditawari Jadi Menteri Oleh Amien Rais':

[Gambas:Video 20detik]



(tor/tor)