Tingkatkan Uji COVID-19, Mobile Lab Bio Safety Dikirim ke Palembang

Abu Ubaidillah - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 07:00 WIB
BNI
Foto: dok BNI
Jakarta -

Di tengah terjangan pandemi COVID-19, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Task Force Riset & Inovasi Teknologi untuk penanganan COVID-19 (TFRIC-19) menunjukkan peran pentingnya dengan mewujudkan inovasi yaitu membangun Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2).

Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) diklaim mempunyai kapasitas pemeriksaan SWAB sekitar 120 spesimen per 12 jam dan dilengkapi dengan 2 swab chamber. Sehingga sampel COVID-19 dapat segera dianalisis tanpa perlu mengirimkan sampel ke pusat atau ke kota yang lebih besar.

Demi upaya meningkatkan kapasitas uji COVID-19, Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL- 2) akan didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia. Dalam hal ini, Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama untuk mendistribusikan ke salah satu daerah di Indonesia, yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

"Mobile Lab Bio Safety Level 2 ini harus segera didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia dan untuk saat ini kami dari Yayasan BUMN yang di-support oleh BNI akan melakukan pengiriman jalur darat ke Palembang pada senin besok. Nah, hari ini serah terima Mobile Lab Bio Safety Level 2 melalui simbolis," kata Kepala Yayasan BUMN, Harjawan Balaningrath.

Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 rencananya akan beroperasi di Rumah Sakit Pertamina Plaju Palembang melalui PT Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamedika-IHC).

"Pengiriman Mobile Lab Safety Level 2 ke Rumah Sakit Pertamina Plaju pasti penuh tantangan dengan risiko kerusakan karena lewat jalur darat, namun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi kami untuk membantu daerah yang sangat membutuhkan. Jadi mohon doanya semoga besok pengirimannya lancar dan tidak ada kendala," lanjut Harjawan.

Serah terima Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 dilakukan oleh BPPT kepada Yayasan BUMN dan BNI yang nantinya akan diserahkan kepada PT Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamedika-IHC) pada Minggu, 30 Agustus 2020 di Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten.

Dalam acara serah terima tersebut juga dilaksanakan swab test COVID-19 gratis untuk masyarakat umum donasi dari BNI 46 dan turut hadir Menteri Riset & Teknologi, Menteri BUMN, Walikota Tangerang Selatan dan beberapa pejabat lainnya.

(ega/ega)