SIDAK 30 Agustus: 5 Berita Aktual Hari Ini

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 22:18 WIB
Konser Drive-In
Konser Drive In / Foto: Febriyantino
Jakarta -

Sikap Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa yang meminta maaf terkait perusakan Mapolsek Ciracas yang dilakukan sejumlah oknum TNI AD menjadi berita perbincangan pada hari ini. Selain itu, response KPAI dan Komnas PA terkait anak-anak Indonesia yang mengucapkan kata 'anjay' juga menjadi berita populer pada hari ini.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video berjudul SIDAK!: 30/8/2020 STOP NGOMONG KATA ANJ*Y SAMPAI KONSER DRIVE IN PERTAMA DI INDONESIA yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Video tersebut tayang setiap harinya pukul 21.00 WIB. SIDAK adalah rangkuman berita hari ini yang dikemas secara ringan.

Berikut 5 berita populer hari ini:

Sebut Kata 'Anjay' Berpotensi Dipidana

Kata 'anjay' menjadi perbincangan yang ramai dibahas usai disinggung oleh artis sekaligus Youtuber, Lutfi Agizal di channel Youtube-nya. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) lalu meminta penggunaan kata 'anjay' dihentikan. Kata 'anjay' yang sedang populer dipakai anak-anak itu disebut bisa berpotensi dipidana.

"Ini adalah salah satu bentuk kekerasan atau bullying yang dapat dipidana, baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan. Namun jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tindakan itu adalah kekerasan verbal. Lebih baik jangan menggunakan kata 'anjay'. Ayo kita hentikan sekarang juga," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).


Konser Musik Drive-In Pertama di Jakarta

Terobosan baru dilakukan untuk mengadakan konser musik di tengah pandemi Corona. Konser musik drive-in pun dijadikan opsi sebagai konser musik pertama di Jakarta yang menggungkan kendaraan mobil.

Konser drive-in itu digelar hari Sabtu (29/8/2020) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Konser bertajuk #SafetyAndSpectacular show DANAMON OPTIMAL NEW LIVE! EXPERIENCE itu menghadirkan Kahitna.

Konser ini berbeda dengan biasanya karena penonton diwajibkan untuk tetap berada di dalam mobil. Sementara musik akan bisa dinikmati melalui siaran radion pada frekuensi tertentu yang sudah disediakan oleh penyelenggara acara.

Sejumlah lagu pun dinyanyikan oleh personel Kahitna. Penonton antusias menyalakan klakson sebagai ganti tepuk tangan. Salah satu personel Kahitna Hedi Yunus pun merasa senang, meski harus menjalani konser berkonsep nonton di dalam mobil.


Guru Minta Program Belajar di Rumah Masuk TV Swasta

Serikat Guru Indonesia meminta Mendikbud Nadiem Makarim untuk menyiarkan pembelajaran dari rumah melalui televisi. Penyiaran juga diminta untuk disiarkan di televisi swasta.


KSAD Minta Maaf Soal Perusakan Polsek Ciracas

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa buka suara terkait peristiwa perusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Andhika juga meminta maaf dan berjanji seluruh kerusakan akan ditanggung pihak TNI AD.

"Pertama, TNI Angkatan Darat memohon maaf atas terjadinya insiden yang menyebabkan korban maupun perusakan yang dialami oleh rekan-rekan, baik dari masyarakat sipil maupun anggota Polri yang tidak tahu apa-apa," kata Jenderal TNI Andika, saat konferensi pers di Mabes TNI AD, Jalan Veteran Nomor 5, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2020).

Andika lalu menjelaskan awalnya dilakukan pemeriksaan ke 12 anggota TNI. Saat ini, lanjutnya, 19 anggota TNI lainnya akan dipanggil juga untuk diperiksa.

Dia pun berjanji akan mengawal pemeriksaan ini sampai selesai. Andika juga berjanji seluruh prajurit yang terlibat akan dipecat.

Andika juga memastikan akan membuat seluruh prajurit yang terlibat untuk membayar kerugian atas kerusakan Mapolsek Ciracas tersebut. Dia akan mencari mekanisme yang terbaik untuk melakukan itu.

"Kami akan mencari mekanisme, misalnya mereka ini masih terima gaji sampai mereka dinyatakan dipecat. Jadi tergantung dari laporan Pangdam Jaya berapa yang akan diganti oleh mereka dan berapa jumlah mereka itu akan kita perhitungkan sehingga itu mekanisme yang saya bilang tadi," imbuh dia.


Kepulauan Terindah di Brasil Dibuka bagi Penyintas COVID-19

Salah satu kepulauan terindah di dunia, Kepulauan Fernando de Noronha di lepas Pantai Brasil akan dibuka kembali. Namun yang berbeda, kepulauan itu dikhususkan bagi para penyintas COVID-19

Kepulauan ini sesungguhnya banyak dipakai wisata oleh para wisatawan sebelum terjadinya pandemi Corona. Saat ini pun pulau tersebut dibuka kembali tapi hanya bagi orang yang pernah terjangkit virus Corona.

Ini sebagai salah satu penghiburan untuk para korban Corona. Sekaligus ini sebagai bukti terkait antibodi yang terbentuk setelah seseorang sembuh dari Corona.

Syaratnya yang dibutuhkan yakni membawa hasil tes PCR. Hasil tes itu harus menyatakan sudah ada antibodi untuk COVID-19 di tubuh pasien.

(maa/imk)