Ke Petinggi Polri, Airlangga: Penegakan Hukum Kunci Tekan COVID-19

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 14:13 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers skenario pemulihan ekonomi terkait Corona. Skenario pemulihan ekonomi disiapkan hingga tahun depan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penegakan hukum memiliki peranan yang penting dalam menekan penyebaran virus COVID-19. Menurutnya, melalui edukasi yang diberikan, masyarakat akan terbantu dalam menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

"Peran aparat keamanan dalam edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan hingga penegakan hukum menjadi salah satu kunci dalam menekan penyebaran virus COVID-19 di masyarakat, ujarnya, Sabtu (28/8/2020).

"Tentunya, sinergitas bersama seluruh elemen kepolisian ini diharapkan dapat mempercepat penanganan pandemi COVID-19, khususnya dalam peningkatan kesadaran masyarakat untuk disiplin dengan protokol kesehatan," imbuh Airlangga.

Airlangga menyampaikan itu ketika menjadi pembicara dalam Kuliah Kerja Profesi III (KKP III) Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Polri secara daring dengan topik 'Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pentingnya Penegakan Hukum', Jumat (28/8) kemarin.

Menurut Ketua Umum DPP Partai Golkar ini, untuk menekan dampak pandemi ini, semuanya harus terintegrasi secara kelembagaan, termasuk bersinergi bersama Polri dalam Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PC-PEN).

"(Sebab) Pemerintah juga berupaya keras untuk menangani sisi kesehatan dan perekonomian secara bersamaan dalam satu kesatuan kebijakan strategis," imbuhnya.

Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kata dia, pemerintah telah meluncurkan sejumlah program baru, antara lain program padat karya, subsidi upah dan perluasan pemberian kredit kepada UMKM.

(mul/ega)