SIDAK 28 Agustus: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 22:02 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan memenuhi panggilan Komisi Kejaksaan RI (Komjak RI) hari ini soal polemik tuntutan 1 tahun penjara terhadap dua terdakwa kasus teror terhadapnya.
Foto: Novel Baswedan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Video viral tahanan di Polsek Pare-pare, Sulsel, menjadi perbincangan hangat atau populer hari ini hari ini, sebab berbuntut panjang dengan diperiksanya dua anggota polisi. Selain itu, penyidik KPK Novel Baswedan juga jadi pembicaraan hangat, sebab terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19)

Rangkuman berita-berita popular itu ditampilkan dalam tayangan video berjudul SIDAK!: 28/8/2020 ADA NAPI MAIN TIKTOK SAMPAI FEAST RILIS LAGU BARU yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Video tersebut tayang setiap harinyaj pukul 21.00 WIB. SIDAK adalah rangkuman berita hari ini yang dikemas secara ringan.

Berikut 5 berita populer hari ini:

1. Napi Joget TikTok di Sel, Dua Polisi Sulsel Diperiksa

Sebuah video diduga tahanan Polres Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), bermain TikTok di sel viral di media sosial. Salah satu video menampilkan seorang tahanan dengan kepala plontos tengah beraksi di depan kamera ponsel pintarnya.

Tahanan itu duduk bersila, dia berjoget dengan menggerak-gerakkan tangan. Selain itu dia juga memainkan lidahnya.

Video tahanan main TikTok itu berbuntut panjang hingga 2 anggota Polres Parepare diperiksa Propam. Ada dugaan kelalaian polisi hingga tahanan di sel bisa bermain TikTok.

"Ada 2 orang yang sementara kita periksa, pemeriksaan masih berjalan," urai Kapolres Parepare AKBP Budi Susanto, Kamis (27/8/2020).

Budi menegaskan akan menindak tegas anggotanya jika terbukti lalai dalam menjaga tahanan di sel, termasuk bisa masuknya ponsel ke dalam sel.

"Yang jelas ketika diketemukan ada kelalaian anggota sehingga barang (Handphone) itu masuk kita tetap tindak tegas," tegasnya.

2. UNICEF Sebut 463 Juta Anak Dunia Kesulitan Belajar Jarak Jauh

Badan PBB yang berkecimpung problem anak-anak, UNICEF merilis laporan pada hari Rabu (26/08). yang mencatat 463 juta anak di seluruh dunia kekurangan peralatan atau akses elektronik untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh.

"Banyaknya anak-anak yang pendidikannya benar-benar terganggu selama berbulan-bulan merupakan keadaan darurat pendidikan global," kata Henrietta Fore, Direktur Eksekutif UNICEF, dalam sebuah pernyataan.

"Dampaknya akan bisa dirasakan pada ekonomi dan masyarakat selama beberapa dekade mendatang," katanya merujuk pada ancaman ketimpangan pendidikan.

Laporan PBB ini berdasarkan data yang dikumpulkan dari sekitar 100 negara, dengan mengukur akses publik ke internet, televisi, dan radio.

PBB memperkirakan 1,5 miliar anak di dunia terpengaruh kebijakan penutupan sekolah yang disebabkan oleh pandemi virus Corona.

Laporan tersebut menekankan peran kondisi geografis terhadap akses anak-anak ke pendidikan jarak jauh. Kondisi di Eropa lebih diuntungkan, dibandingkan misalnya di Afrika atau sebagian Asia.

3. PM Jepang Shinzo Abe

Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, dikabarkan bakal mengundurkan diri dari jabatannya. PM Abe disebut bakal mundur karena alasan kesehatan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (28/8/2020), informasi soal rencana pengunduran diri PM Abe itu disampaikan oleh media terkemuka Jepang, NHK, yang mengutip sejumlah sumber yang dekat dengan sang PM Jepang.

PM Abe sendiri dijadwalkan bakal menggelar konferensi pers pada Jumat (28/8) waktu setempat, untuk menjelaskan soal keputusannya itu.

"Abe bermaksud untuk mengundurkan diri karena penyakitnya semakin parah dan dia khawatir hal itu akan menimbulkan masalah (dalam memimpin negara)," demikian bunyi siaran televisi nasional Jepang, NHK.

PM Abe dilaporkan mengalami penurunan kondisi kesehatan dengan mengunjungi rumah sakit sebanyak dua kali dalam sepekan terakhir. Mundurnya Abe disebut agar kondisi kesehatannya yang memburuk tak berdampak ke pemerintahan Jepang.

4. Penyidik KPK Novel Baswedan Positif Terinfeksi Virus Corona

Penyidik KPK Novel Baswedan dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Novel merasakan tidak ada gejala terinfeksi virus Corona.

"Iya kemarin tes swab semua penyidik dan dibilang positif. Tapi memang aku tidak ada gejala apa-apa," kata Novel kepada detikcom, Jumat (28/8/2020).

Novel mengaku sempat demam 3 pekan lalu dan batuk-batuk. Saat dites, dia mengaku masih batuk.

"Mungkin itu ter-capture Corona, atau Corona beneran nggak tahu," ujarnya.

Belum diketahui dari mana Novel terinfeksi virus Corona. Kini, Novel menjalani karantina mandiri.

5. Sri Mulyani Sebut Warga Tak Nongkrong Ikut Pengaruh Ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan nongkrong atau tidak nongkrong mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Alasannya, hal itu berpengaruh terhadap tinggi rendahnya konsumsi masyarakat.

Namun, Sri Mulyani mengungkapkan perekonomian Indonesia memiliki daya tahan cukup kuat terhadap potensi resesi dibanding negara-negara lain yang sudah masuk jurang resesi.

Pertumbuhan ekonomi terkontraksi minus 5,32% di kuartal II-2020 atau terendah sejak 10 tahun lalu. Kontraksi yang di negara-negara lain lebih dalam dari dibandingkan Indonesia.

"Kalau dilihat daya tahan, kontraksi kita tidak sedalam negara lain, masih cukup resilience dibanding negara lain," katanya dalam program Squawk Box CNBC Indonesia, Jumat (28/8/2020).

(rfs/gbr)