Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Lengkap

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 17:56 WIB
Wanita hijab berdoa
Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991/Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Lengkap
Jakarta -

Rasulullah Muhammad SAW memberikan sunnah agar menjenguk dan memberi doa untuk orang sakit. Sebab seperti diriwayatkan dalam hadits Ibnu Majah, at Tirmidzi dan Imam Ahmad, ada sejumlah keutamaan menjenguk orang sakit.

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang Muslim (sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk. Apabila sudah duduk, maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba."

Nah, seperti apa ucapan doa untuk orang sakit?

1. Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, dikutip dari buku 'Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemahan Kitab al-Adzkar' karya Imam an-Nawawi, dari Aisyah RA,

"Jika Rasulullah SAW beranjak pada tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian beliau meniupnya, dan membaca surat Al-Ikhas, Al-Falaq, dan surat An-Nas, kemudian mengusapkan ke seluruh tubuhnya yang terjangkau, mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan, hingga tiga kali." Aisyah berkata "Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku untuk melakukannya untuk beliau."

2. Membaca Mu'awwidzatain

Dalam hadits riwayat lain yang Sahih disebutkan Rasulullah membaca Mu'awwidzatain (surat Al-Falaq dan An-Nas) untuk dirinya ketika sakit di akhir hayatnya.

Aisyah RA mengatakan "Ketika sakitnya semakin keras, aku yang meniupkannya dengan doa tersebut dan aku mengusap tangannya untuk mendapat keberkahan."

3. Doa untuk Orang Sakit Latin

Dalam kitab Shahih Bukhari-Muslim, kitab Sunan Abu Dawud dan kitab-kitab lainnya, dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW apabila ada seseorang yang mengadu tentang penyakit atau luka, Rasulullah bersabda sambil meletakkan jarinya. Sufyan bin Uyanah mengatakan, Rasulullah menancapkan jari telunjuknya ke tanah dan mengucapkn doa

Latin: Bismi laahi turbatu ardlinaa biriiqati ba'dlinaa yusfaa bi hii saqiimunaa bi idzni rabbinaa."

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, debu bumi dengan sebagian ludah kami, dengannya orang sakit di antara kami akan sembuh dengan izin Tuhan kami.

4. Doa untuk Orang Sakit

Selain itu, Rasulullah juga meriwayatkan doa orang sakit yang lain dalam hadits Bukhari dan Muslim, dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW membaca doa perlindungan untuk sebagian keluarganya, beliau mengusap tangan kanan dan membaca

Latin: Allahuma rabbin naas, adzhibil ba'sasfii, isfi antasy syaafi laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqama

Artinya: Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit ini, sembuhkan lah. Engkau lah Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan selain kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.

Sahabat Hikmah, saat ada teman atau saudara yang tidak sehat jangan lupa menjenguk dan membaca doa untuk orang sakit http://detik.com/tag/doa ya!

(pay/pal)