SIDAK: Tragedi Penembakan Jacob Blake hingga PSBB Transisi DKI

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 22:24 WIB
Jacob Blake
Foto: Instagram @karenengelfabri
Jakarta -

Penembakan pria kulit hitam asal Amerika Serikat, Jacob Blake, oleh polisi menjadi perbincangan hangat hari ini. Selain itu, diperpanjangnya masa PSBB transisi di Jakarta juga masuk sebagai berita populer.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video berjudul SIDAK!: 27/8/2020: BERITA MENGGEGERKAN yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Video tersebut tayang setiap harinya pukul 21.00 WIB. SIDAK adalah rangkuman berita hari ini yang dikemas secara ringan.

Berikut 5 berita populer hari ini, Kamis (27/8/2020):

1. Tragedi Penembakan Jacob Blake

Aksi penembakan Jacob Blake oleh polisi berbuntut panjang. Gelombang demonstrasi dan protes keras terhadap penembakan itu meluas ke seluruh dunia.

Bukan hanya warga sipil, sejumlah figur publik turut mengkritik aksi penembakan itu. Dua di antaranya adalah petenis Naomi Osaka dan tim basket Milwaukee Bucks.

Naomi Osaka memutuskan tidak bermain di Western & Southern Open atau yang lebih dikenal dengan Cincinnati Masters. Hal itu sebagai bentuk protesnya terhadap aksi kekerasan yang menimpa Jacob Blake.

Sementara itu, Milwaukee Bucks memotori protes dengan memboikot laga kelima Playoff NBA melawan Orlando Magic, yang harusnya digelar Rabu (26/8) waktu setempat, atau Kamis (27/8) WIB. Pemain Bucks menolak keluar dari ruang ganti, dan pemain Magic sendiri akhirnya kembali ke ruang gantinya juga.

2. PSBB Transisi Jakarta ke-4 Berakhir Hari Ini

PSBB Transisi Jakarta ke-4 dimulai sejak 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020. PSBB Transisi ini dimaksud untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Namun, beberapa hari ini, kasus COVID-19 di Jakarta semakin tinggi. Karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan PSBB transisi di Jakarta akan diperpanjang hingga 10 September.

"Pemprov DKI Jakarta resmi perpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase I di Ibu Kota selama 14 hari ke depan, berlaku mulai 28 Agustus - 10 September 2020," tulis Anies lewat akun Instagram.

3. Pemprov DKI Izinkan Live Music

Pemprov DKI mengizinkan restoran dan kafe menampilkan live music. Diketahui, selama PSBB diterapkan oleh Pemprov DKI, pergelaran live music dilarang.

Namun para musisi dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan. Jumlah mereka yang boleh manggung dalam acara live music maksimal empat orang. Lalu setiap musisi wajib pakai masker.

4. NSS Episode 2

Boy William blak-blakan soal karier dan pengalamannya membuat konten. Hal tersebut ia beberkan dalam Program Ngobrol Sore Semaunya (NSS) bersama Putri Tanjung.

Putri lantas menanyakan pandangan Boy terkait industri dunia entertainment saat ini. Boy menilai saat ini dunia industri semakin mudah diakses.

"Lagi seksi banget, the digital platform is in," kata Boy.

Boy menilai semua orang dipermudah dengan platform yang dapat diakses secara gratis, sehingga tidak sulit masuk ke dunia entertainment.

"Dan sekarang orang-orang yang mau making it to the entertainment industry sudah nggak sesusah-susah ngantre panjang kaya dulu. You have a free platform man, ini YouTube gratis, jangan malas saja," tuturnya.

Tertarik dengan konten-konten Boy di YouTube channel-nya, Putri menanyakan ada-tidaknya konten yang sangat diinginkan. Namun ternyata gagal mendapatkan respons dari penonton.

"Apa ide lo, yang lo suka banget tapi flop?" kata Putri.

Boy menuturkan pernah membuat konten tapi tidak berjalan dengan baik. Menurutnya, hal ini membuatnya harus kembali mencari ide untuk memulai hal baru.

"I have a show yang pengen gue bikin misalkan Sing with Boy, kayak kita ngamen, it's flop kayak kita beda arah. Kita move on, kita bikin Nebeng Bareng Boy, lalu menurun lagi, orang udah pada mulai bosen. I have a brake show, kita berhentiin dulu supaya orang kangen," kata Boy.

5. Katy Perry Melahirkan Putri Pertamanya

Penyanyi Katy Perry resmi menjadi seorang ibu. Ia melahirkan putri pertamanya dari hasil hubungan dengan suaminya, Orlando Bloom.

Katy Perry dan Orlando Bloom memberi nama sang buah hati Daisy Dove Bloom. Kabar ini disebarkan oleh UNICEF, yang keduanya merupakan duta aktivitas Goodwill.

(isa/gbr)