Pencuri Modus Test Drive Penjual Sirtu, Pelajari Harley-Davidson di YouTube

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 27 Agu 2020 20:43 WIB
Polisi tangkap pencuri Harley-Davidson di Tangsel
TL, pencuri Harley-Daidson, ditangkap polisi (Yogi Ernes/detikcom)
Tangerang Selatan -

TL (43), pencuri Harley-Davidson di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, sudah memahami seluk-beluk soal motor gede tersebut. TL mengaku mempelajari soal Harley-Davidson melalui YouTube.

"Belajar di YouTube," kata TL ketika ditanya soal dari mana mengetahui informasi tentang motor Harley-Davidson, di Mapolres Tangerang Selatan, Jalan Promoter, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (27/8/2020).

TL mengaku sehari-harinya menjual pasir dan batu (sirtu) guna mencukupi kehidupan sehari-sehari. Ayah tiga orang anak ini mengaku baru dua kali melakukan pencurian tersebut.

Ketika ditanya bagaimana meyakinkan korban dalam melakukan aksinya, TL mengaku tidak memiliki metode khusus. Dia hanya mendatangi korban dan mengaku berniat membeli motor korban.

"Saya bilang saya mau beli. Saya lalu coba (motornya) dan terus saya bawa kabur," tuturnya.

Kapolres Metro Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan mengatakan pelaku memang mengetahui spesifikasi motor Harley-Davidson. Dari situ, korban merasa percaya dan tidak menaruh curiga ketika pelaku meminta untuk melakukan test drive.

"Dia mengenal spek (spesifikasi) dari kendaraan ini (motor besar). Jadi dia berkomunikasi dengan dengan korban, meyakinkan kalau dia seorang pembeli. Lalu dia hendak mencoba dan langsung kabur," jelas Iman.

Hingga saat ini polisi masih mendalami kesaksian pelaku. Polisi juga masih mendalami kemungkinan pelaku pernah melakukan perbuatan serupa lebih dari dua kali.

"Dari bukti yang ada menunjukkan dua kali. Ini masih dalam proses pengembangan, kita usut apakah sebelumnya ada kendaraan-kendaraan lain dengan modus yang telah dilakukan pelaku," pungkas Iman.

(mei/mei)