Round-Up

Misteri 3 Mayat Korban Pembunuhan Hanyut di Aliran Sungai Deli Serdang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Agu 2020 06:16 WIB
Penemuan mayat.
Penemuan mayat di sungai di Deli Serdang (Foto: Dok.istimewa)
Deli Serdang -

Misteri masih menyelimuti penemuan tiga mayat diduga korban pembunuhan yang hanyut di aliran sungai di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Terduga pelaku pembunuhan terkait tiga mayat itu masih diburu polisi.

Ketiga mayat ini ditemukan dalam kurun Juni hingga Agustus 2020. Ada kesamaan dari ketiga kasus penemuan mayat itu, yakni sama-sama tak ada identitas saat pertama kali ditemukan.

Misteri mayat-mayat hanyut di aliran sungai ini dimulai pada Selasa (16/6/2020). Saat itu, mayat pria tanpa identitas dengan kondisi kepala ditutup goni ditemukan warga di bawah jembatan salah satu sungai di Gunung Meriah, Deli Serdang. Polisi menduga pria itu korban pembunuhan.

"Iya (diduga dibunuh). (Ditemukan) sekitar pukul 12.30 WIB, mayat Mr X (belum diketahui identitasnya). Kepala ditutup karung goni plastik dengan diikat tali putih, kedua tangan terikat ke belakang, dan kaki sebelah kanan juga terikat," ujar Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang, Kompol M Firdaus.

Polisi datang setelah mendapat laporan dari warga. Mayat itu kemudian dievakuasi. Polisi mengatakan ada sejumlah luka di tubuh mayat itu.

Antara lain, luka memar di punggung dan patah tulang di dada. Pria itu diperkirakan telah tewas 3 hari sebelum mayatnya ditemukan warga di aliran sungai.

"Ada luka memar di punggung, patah tulang dada, luka di belakang kepala dan luka memar pada tangan kanan," terang Kompol Firdaus saat dimintai konfirmasi, Minggu (21/6).

Identitas mayat itu masih menjadi misteri. Salah satu penyebabnya adalah pria tersebut tak terdaftar pada data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hal itu diduga terjadi karena pria tersebut belum melakukan perekaman data e-KTP.

"Penyidik masih kesulitan untuk ungkap identitas korban. Penyidik sudah ke Dukcapil untuk sidik jari korban, tapi data identitasnya tidak keluar," kata Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang, Kompol M Firdaus, saat ditanya soal perkembangan penyelidikan penemuan mayat tersebut, Selasa (30/6).

Mayat tanpa identitas berikutnya ditemukan di aliran sungai di Desa Sei Merah, Tanjung Morawa, Deli Serdang, Rabu (19/8/2020). Warga di sekitar lokasi saat itu mencium bau busuk dan melihat ada karung goni.

Kepala mayat disebut keluar dari goni. Polisi yang datang ke lokasi kemudian melakukan evakuasi. Selain mayat, ada juga batu yang ditemukan dalam goni.

"Masih dalam penyelidikan. Pasti kita lakukan penyelidikan lah. Karena di dalam karung goni itu ada juga batu," ujar Kapolsek Tanjung Morawa, AKP Sawangin.

Selanjutnya
Halaman
1 2