Semakin Kompetitif Melalui Penguasaan Informatika Jaringan

Content Promotion - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 17:23 WIB
Unpar
Foto: dok. Unpar
Jakarta -

Kemajuan teknologi masa kini tidak bisa dilepaskan dari berbagai inovasi yang terjadi dalam bidang informatika. Apalagi jika kita memperhatikan pesatnya perkembangan jaringan digital di tengah masyarakat.

Disadari atau tidak, bukan hanya kemajuan perangkat keras dan lunak saja yang mendorong manusia menggunakan teknologi digital dalam kesehariannya. Keterhubungan antarperangkat digital melalui jaringan lokal dan global juga menjadi faktor penentu dalam percepatan transformasi digital saat ini. Sedemikian cepatnya, hingga manusia tidak menyadari bahwa semakin hari kita semakin terintegrasi dalam jejaring tersebut.

Saling Terhubung

Tidak salah jika kita bisa menyebut bahwa generasi manusia di dekade kedua abad ini sebagai 'generasi yang saling terhubung' (interconnected generation). Betapa tidak, mayoritas kerja dan aktivitas kita kini tidak lepas dari teknologi jejaring digital. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, yang mendorong kita untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain untuk menanggulangi penyebaran penyakit di masyarakat.

Mulai dari gawai seperti smartphone yang kita gunakan untuk bersapa dengan kawan dan rekan kerja, laptop yang kita pakai untuk belajar dan bekerja secara daring, hingga komputer super dan pusat data yang memudahkan kita mengolah data-data besar, yang jangan-jangan membantu kita untuk memilih produk toko daring mana yang akan kita beli selanjutnya.

Tren ini terlebih sangat kental dalam perkembangan generasi muda yang sejak kecil sudah 'melek' teknologi. Para kaum muda tidak segan untuk mempelajari teknologi digital, baik itu sebagai pengguna semata, atau hingga level yang lebih tinggi seumpama programmer. Pemahaman mereka akan teknologi secara nyata mendorong kehidupan anak muda menjadi lebih maju dan terintegrasi dalam dunia global.

UnparFoto: dok. Unpar

Keadaan inilah yang membuat generasi muda perlu diajak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang digital. Pengembangan ilmu dan keahlian dapat dijalankan melalui pendidikan tinggi berkualitas, yang dapat terus beradaptasi dan berinovasi sesuai perkembangan teknologi yang ada. Selain itu, kesempatan untuk mempelajari pengetahuan yang aplikatif baik melalui kursus singkat maupun kompetisi juga menjadi pilihan yang sangat baik.

Belajar dan Berkompetisi

Contoh pengembangan diri generasi muda dalam bidang informatika jaringan terlihat dari kompetisi perdana Arubalympics yang digagas oleh ARUBA (Member Hawlett=Packard), berkolaborasi bersama Ekoji dan APTIKOM. Tahun ini merupakan pelaksanaan Arubalympics pertama yang diikuti oleh 34 provinsi, 350 kampus, dan 2.100 peserta di seluruh Indonesia.

Melalui kursus dan kompetisi selama sepuluh hari (5-15 Agustus 2020), mahasiswa Informatika didampingi dosen dari berbagai universitas di Indonesia memperdalam ilmu mereka dalam bidang informatika jaringan. Hasil belajar dinilai setiap hari melalui ujian yang kemudian dinilai dan dilombakan melalui akumulasi perolehan medali.

Secara keseluruhan, dalam kompetisi tersebut, tim Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil meraih 25 medali selama kompetisi berlangsung, yang terdiri dari 7 medali emas, 11 perak, dan 7 perunggu. Perolehan ini membuat tim Informatika Unpar sebagai kontingen terbaik dari Jawa Barat, sekaligus menjadikannya sebagai kontingen terbaik ke-2 dari 33 Best Campus di Indonesia.

Meningkatkan Kompetensi

UnparFoto: dok. Unpar

Meningkatkan kompetensi diri dalam masyarakat global tentu membutuhkan ilmu dan sarana belajar yang tepat. Untuk memberikan kesempatan terbaik bagi generasi muda Indonesia yang ingin mengembangkan diri di bidang informatika, Unpar membuka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun akademik 2020/2021 melalui penerimaan nilai UTBK.

Selain program studi informatika, calon mahasiswa Unpar juga dapat memilih bidang ilmu dari 16 program studi lainnya, baik di jenjang sarjana maupun diploma III. Informatika Unpar telah diakui melalui akreditasi nasional, didukung oleh pakar akademis dan praktisi yang kompeten, serta telah mencetak alumni yang berkontribusi nyata dalam pengembangan teknologi digital di Indonesia.

Kunjungi pmb.unpar.ac.id untuk informasi lengkap seleksi berdasarkan nilai UTBK Unpar.

(ads/ads)