8 Orang dari 1 Keluarga di Menteng Kota Bogor Positif Corona

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 20:33 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Bogor -

Kasus virus Corona (COVID-19) dari klaster keluarga di Kota Bogor terus bertambah. Kini, ada tambahan sebanyak 8 orang dari satu keluarga asal Menteng, Bogor Barat, Kota Bogor terkonfirmasi positif COVID-19.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menjelaskan kasus ini berawal ketika ayah dari keluarga tersebut jatuh sakit dan dibawa ke rumah sakit. Menurutnya, pasien telah melakukan swab test sebelum meninggal dunia ketika tengah menjalani perawatan.

"Jadi karena ada keluarganya yang meninggal, si ayah itu, terus mereka curiga bahwa, kan (anggota keluarga juga) sedang menunggu hasil swab (test) ayahnya. Nah kemudian begitu (ayah) ketahuan positif (COVID-19), yang lain keluarganya melakukan swab (test) mandiri," kata Dedie saat dihubungi, Senin (24/8/2020).

Dia menyebut keluarga ini pun melakukan swab test mandiri pada 19 Agustus lalu. Seluruh anggota keluarga ini dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 kemarin.

"Ketahuan yang positif (COVID-19 ada) 8 (orang, termasuk ayah). (Diduga seluruh anggota keluarga ini terinfeksi COVID-19) dari si ayah yang meninggal," lanjutnya.

Dedie mengungkapkan 7 anggota keluarga asal Menteng yang positif COVID-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG). Mereka semua sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Makanya begitu kita dapat, ternyata bukan dari hasil tracing Kota Bogor, kan, tapi mereka (swab test) mandiri. Jadi kalau buat kita kan, kita apresiasi karena ada kesadaran dari masyarakat, yang melihat kondisi keluarganya ada yang diduga terpapar, mereka melakukan tracing sendiri dan swab sendiri dan kemudian diketahui dan mereka lapor. Jadi kita apresiasi," tandasnya.

Tonton video 'Jokowi: Promosi Pakai Masker Belum Kelihatan':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)