Giring Ganesha Siap Maju Pilpres 2024, PPP Bertanya-tanya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 19:10 WIB
Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi
Achmad Baidowi (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Plt Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. PPP mempertanyakan persyaratan Giring dapat maju menjadi capres.

"Pertama saya ingin mengatakan bahwa hak mencalonkan dan dicalonkan itu hak setiap orang. Dicalonkan sebagai presiden atau mencalonkan diri sebagai presiden itu hak setiap orang," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Senin (24/8/2020).

"Tentu ada prasyarat-prasyaratnya, apakah secara personal sudah memenuhi persyaratan itu. Yang kedua, ada syarat politik, yakni diusung oleh partai dan gabungan partai dengan threshold yang akan ditentukan dalam undang-undang," sambungnya.

Baidowi, yang akrab disapa Awiek, mengatakan hak Giring untuk maju sebagai capres di Pilpres di 2024. Namun, Awiek mempertanyakan syarat politik dan perundang-undang bila Giring serius maju.

"Terus, terkait dengan Giring yang mau maju pilpres ya hak dia, silakan saja. Apakah bisa memenuhi ketentuan perundang-undangan? Ya kita lihat saja nanti ketentuan perundang-undangannya. Kalau ketentuannya 20% kursi ya gimana ceritanya mau bisa kalau sebagai calon presiden?" ucapnya.

Soal komunikasi Giring dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Awiek menilai tak ada yang spesial. Awiek mengatakan PPP tak ada urusan dengan partai Giring, yakni PSI.

"Soal komunikasi dengan Jokowi ya biasa saja, nama orang komunikasi, nggak ada yang istimewa. Dengan PPP apa sudah komunikasi? Nggak ada urusan PPP dengan PSI, dan PPP banyak figur-figur yang layak menjadi capres maupun cawapres yang saatnya akan kita sampaikan," imbuhnya.

Pernyataan Giring Ganesha siap maju Pilpres 2024 disampaikan melalui video di YouTube PSI. Dia berbicara banyak alasan tertarik di dunia politik, salah satunya terinspirasi kerja Presiden Jokowi di Jakarta saat menjabat gubernur.

"Ya, saya memang memberanikan diri untuk maju sebagai calon presiden di 2024. Dan di video ini, saya akan jelaskan alasannya," ungkap Giring Ganesha.

(rfs/gbr)