Ini Langkah Bima Arya Atasi Persoalan Belajar Daring di Kota Bogor

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 19:05 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Foto: dok Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya menemukan sejumlah persoalan saat melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah di Kota Bogor yang tengah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menurutnya, keterbatasan menjadi persoalan yang cukup banyak ditemui, mulai dari ketiadaan karena ketidakmampuan orang tua membeli gadget akibat kondisi yang ada, keterbatasan kuota yang dimiliki hingga keterbatasan sinyal.

"Sidak hari ini mencerminkan realita yang ada. Saya melihat secara langsung kondisi dan persoalan di lapangan seperti apa," ujar Bima dalam keterangan tertulis, Senin (24/8/2020).

Hal itu diungkapkannya usai mengunjungi SDN Genteng yang berlokasi di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan. Kondisi serupa di temui juga di sekolah, sehingga kegiatan PJJ tidak berjalan secara maksimal.

Bima Arya menilai kondisi saat ini merupakan darurat pendidikan. Untuk itu dirinya mengimbau semua pihak untuk bergerak menyikapi kondisi tersebut.

"Ini di Kota Bogor, belum berbicara di daerah yang lebih jauh. Pemerintah Kota Bogor akan mempersiapkan langkah-langkah cepat untuk merespon persoalan dan kondisi yang ada," terangnya.

Pemkot Bogor akan menganggarkan dalam pergeseran APBD Kota Bogor untuk pengadaan koneksi wifi sebanyak kurang lebih 900 titik secara outdoor, memobilisasi kepedulian warga Kota Bogor untuk membantu penyediaan gadget/Hp/gawai dan program Jaga Asa yang awalnya diperuntukkan untuk orang tua asuh akan dikonsentrasikan untuk sektor pendidikan.

Ia menjelaskan, untuk wifi Disdik Kota Bogor sebelumnya akan melakukan pemetaan dan membuat sistemnya, sehingga dalam penggunaannya lebih maksimal. Sementara untuk lebih mengefisienkan dan menghindari penyalahgunaan akan ada pengawasan bersama dari aparatur wilayah serta pihak terkait dan masyarakat.

"Untuk konten pembelajaran SD dan SMP di Kota Bogor, Pemkot Bogor akan menggandeng beberapa mitra, seperti konsultan dan komunikasi pendidikan untuk memandu para guru terkait konten PJJ," jelasnya.

Diketahui sebelum ke SDN Genteng Kota Bogor, Bima Arya yang didampingi Kepala Diskominfo Kota Bogor, Sekretaris Disdik Kota Bogor dan General Manager Mass Market Segment Sales Jabotabek Jabar Telkomsel Gamada mendatangi SMPN 10 Kota Bogor dan SDN Cipaku.

Di ketiga sekolah tersebut, Bima dan Gamada secara simbolis memberikan bantuan kartu Perdana Internet Merdeka Belajar Telkomsel untuk mendukung para siswa dalam melaksanakan PJJ. Selain itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan para kepala sekolah dan tenaga pengajar untuk menyampaikan persoalan dan kendala yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan PJJ.

(ega/ega)