Bakamla Periksa Kapal China Mati Mesin di Natuna, Tak Ditemukan Pelanggaran

Sachril Agustin - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 19:58 WIB
Bakamla Periksa Kapal China di Natuna
Bakamla Periksa Kapal China di Natuna (Foto: Dok Bakamla)
Jakarta -

Badan Keamanan Laut (Bakamla) melakukan patroli untuk memastikan keamanan di lautan Indonesia. Bakamla menemukan kapal ikan asing (KIA) yang mengalami kerusakan mesin di Laut Natuna.

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menjelaskan awalnya Bakamla menerima informasi bahwa ada KIA asal China yang melintas di perairan Natuna Utara, Sabtu (22/8). Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Hananto Widhi pun segera mengarah ke titik koordinat kapal tersebut.

Wisnu mengatakan personel dikerahkan untuk melakukan visit board search and seizure (VBSS) saat tiba di lokasi. Dari pemeriksaan, lanjutnya, KIA Tiongkok dengan nama inisial FYYL 009 mengalami kerusakan mesin di salah satu silindernya.

"Kapal tersebut tidak terbukti melakukan pelanggaran perikanan dan pelayaran sehingga tidak perlu dilakukan penahanan," kata Wisnu dalam keterangannya, Minggu (23/8/2020).

Bakamla Periksa Kapal China di NatunaBakamla Periksa Kapal China di Natuna Foto: Dok Bakamla

Dia menambahkan Bakamla memberikan kesempatan ke awak kapal untuk melakukan perbaikan. Lanjut Wisnu, KIA asal Tiongkok ini melintas dengan damai dari Samudera Hindia menuju Chiaman, Tiongkok.

"Namun kapal terpaksa berhenti karena adanya kerusakan mesin," lanjutnya.

Saat KIA itu diperbaiki, Wisnu mengatakan personel Bakamla tetap berada di sekitaran lokasi untuk melakukan pengamanan. Setelah kapal selesai diperbaiki, Bakamla melakukan pengawalan sampai KIA tersebut melewati perairan yurisdiksi.

"Ini merupakan bagian tugas Bakamla juga untuk menjamin keamanan dan keselamatan bagi para pengguna di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi indonesia," tandas dia.

(knv/knv)