Amien Rais Tak Hadiri Perayaan HUT Ke-22 PAN di Jakarta

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 14:51 WIB
Amien Rais hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Foto: Amien Rais (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) merayakan hari ulang tahunnya (HUT) yang ke-22 hari ini. Namun, sosok pendiri PAN Amien Rais tidak terlihat sejak awal hingga acara perayaan tersebut selesai.

Peringatan HUT ke-22 PAN di gelar di sebuah gedung di Jalan Amil Nomor 7, Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel), Minggu (23/8/2020), dan diikuti secara virtual oleh kader PAN di daerah. Prosesi acaranya dimulai sekitar pukul 09.40 WIB.

Para elite PAN duduk di barisan depan dekat dengan panggung. Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Dewan Kehormatan Soetrisno Bachir, Ketua Majelis Penasihat Hatta Rajasa duduk di barisan terdepan.

Elite PAN di barisan terdepan, di perayaan HUT ke-22 PAN, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2020).Foto: Elite PAN duduk di barisan terdepan. (Sachril/detikcom)

Di barisan belakang mereka duduk Sekjen PAN Eddy Soeparno, dua Waketum PAN Yandri Susanto dan Asman Abnur, serta Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay. Amien Rais tidak terlihat di barisan para elite PAN.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PAN. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemutaran video ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), termasuk sambutan dari Zulhas, Sutrisno dan Hatta.

Perayaan HUT ke-22 PAN, di Kalibata, Jakarta Selatan, MInggu (23/8/2020).Foto: Para elite PAN naik ke panggung saat pemotongan tumpeng. (Sachril/detikcom)

Usai itu, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan ke beberapa panti asuhan dan pemotongan tumpeng. Dalam dua sesi tersebut sejumlah elite PAN mendekat ke panggung, termasuk pada saat pemotongan tumpeng. Tapi tidak ada Amien Rais.

Acara perayaan pun berakhir sekitar pukul 12.20 WIB. Namun, sosok Amien Rais sama sekali tidak terlihat di lokasi.

Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengingatkan para kadernya bahwa pemerintah bukan hanya memerlukan kritik. Dia menyebut pemerintah juga memerlukan bantuan, khususnya di tengah pandemi virus Corona.

"Kita sudah masuk kategori krisis, krisis ekonomi. Tentu bisa ada lanjutan kritis lainnya. Karena kita sudah dewasa, kita harus ambil tanggung jawab. Kita tidak cukup kritik, maki-maki, protes saja," kata Zulhas saat menyampaikan sambutan.

tonton juga video 'Jokowi di Acara HUT PAN: Reformasi Sekarang Ini Tidak Mudah!':

[Gambas:Video 20detik]