Kemenag Beri Penghargaan Jatim Lawan Corona dengan Pendekatan Spiritual

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 10:03 WIB
Kemenag Beri Penghargaan Jatim Lawan Corona dengan Pendekatan Spiritual
Kemenag Beri Penghargaan Jatim Lawan Corona dengan Pendekatan Spiritual (Foto: Dok Kemenag)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa atas upaya melawan COVID-19 dengan pendekatan spiritual, selain dengan pendekatan protokol kesehatan. Penghargaan diberikan atas rekomendasi dari forum pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Dikutip dari situs resmi Kemenag, Minggu (23/8/2020), penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Para kepala daerah yang diberikan penghargaan juga dianggap peduli terhadap perkembangan PTKIN.

Selain Gubernur Jatim, penghargaan juga diberikan kepada Wali Kota Palembang, Bupati Tulungagung dan Bupati Jember atas kepedulian mereka terhadap perkembangan pendidikan Islam. Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian FGD Kelulusan Ujian Masuk PTKIN Tahun 2020 yang dihadiri para rektor/ketua dari 58 PTKIN di Indonesia.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada PTKIN dengan pendaftar tertinggi SPAN-PTKIN dan PTKIN dengan pendaftar tertinggi UM-PTKIN.

Untuk diketahui, pendaftar tertinggi SPAN-PTKIN 2020 kategori UIN diberikan kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sedangkan kategori IAIN, penghargaan diberikan kepada IAIN Bukittinggi, IAIN Surakarta dan IAIN Tulungagung.

Adapun untuk kategori STAIN, penghargaan diberikan kepada STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, STAIN Majene dan STAIN Bengkalis dan STAIN Gajah Putih Takengon.

(knv/dhn)