Tentang Jalur Penerimaan UI yang Perlu Kamu Tahu

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 21:54 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Tentang Jalur Penerimaan UI yang Perlu Kamu Tahu (Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Sudah sejak lama UI atau Universitas Indonesia, jadi salah satu PTN yang peminatnya paling tinggi, di antara berbagai PTN lainnya yang ada di Indonesia. Bagi detikers yang ingin tahu bagaimana cara masuk UI atau apa saja jalur penerimaan UI, berikut ini informasinya.

Jalur seleksi masuk UI

Untuk skema penerimaan UI, ini memang cukup beragam, terutama untuk jenjang D3 dan S1, antara lain :


1. SBMPTN / Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri

Ini adalah ujian tulis yang tentunya dilaksanakan dan diselenggarakan oleh himpunan rektor perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Khusus untuk UI, tahun sebelumnya, jalur yang satu ini hanya diperuntukkan pada program S1 reguler saja.

2. SIMAK / Seleksi Masuk Universitas Indonesia

SIMAK UI atau singkatan dari Seleksi Masuk Universitas Indonesia ini, adalah bentuk ujian seleksi terpadu, untuk masuk UI, yang diselenggarakan untuk para detikers yang ingin kuliah di UI. Jalur ini sendiri, juga dikenal dengan jalur mandiri. Adapun program yang dibuka untuk jalur ini, cukup beragam, mulai dari program Vokasi (D3), sarjana reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi / Paralel untuk lulusan D3, Spesialis, Profesi, Magister dan juga Doktor. Sedangkan untuk ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional, akan diselenggarakan di waktu yang berbeda.

3. Kelas Internasional

Yang dimaksud dengan kelas Internasional ini, adalah beberapa fakultas yang menyelenggarakan kelas belajar bersama dengan universitas terkemuka yang ada di Australia, dan Eropa. Setidaknya ada sekitar 7 fakultas yang menyelenggarakan kelas Internasional tersebut, seperti fakultas Psikologi, fakultas Kedokteran, fakultas Teknik, fakultas Ilmu Komputer, fakultas Ekonomi, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan fakultas Hukum. Program sarjana yang akan diberikan nantinya akan memperoleh gelar ganda.

Seleksi akan dilakukan atas beberapa hal, mulai dari seleksi akademik, dan bahasa Inggris. Keuntungan bagi detikers yang mengambil jalur ini, selain memperoleh gelar ganda, baik dari UI, maupun dari Universitas Mitra UI, juga memperoleh pengalaman belajar ke luar negeri dan mendapatkan pengakuan tingkat internasional.

4. Olimpiade

Seperti namanya, maka jalur yang satu ini, akan langsung diperoleh, jika para detikers, juara dalam hal Olimpiade pendidikan, seperti olimpiade matematika, olimpiade fisika, dan yang lainnya.

5. SNMPTN / Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri

Adalah seleksi penerimaan mahasiswa skala nasional, yang diselenggarakan oleh pihak Panitia Pelaksana, yang sebelumnya dibentuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Dalam pola penerimaan SNMPTN 2020 kali ini, akan dinilai berdasarkan prestasi akademis / nilai rapor yang dimiliki oleh para calon mahasiswa. Jadi detikers yang berasal dari sekolah dengan nilai yang sesuai dengan ketentuan panitia awal maka bersiap-siap untuk melakukan ujian tersebut. Cara daftar seleksi masuk UI

Untuk daftar masuk ke UI ini sendiri, tentunya dapat disesuaikan dengan ketentuan dari jalur masuk itu sendiri.

1. SBMPTN / Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri

Khusus untuk jalur yang satu ini, akan melakukan ujian masuk dengan model tertulis yang akan dilaksanakan secara serempak di tanah air. Sebelumnya detikers juga akan mengisi formulir resmi, yang di dalamnya dicantumkan daftar universitas negeri mana saja yang diminati.

2. SIMAK / Seleksi Masuk Universitas Indonesia

Untuk proses pendaftaran SIMAK UI, akan dilakukan secara 9 tahap dengan teknik online, dimulai dengan :
• Membuat account di situs penerimaan UI, di penerimaan.ui.ac.id. Salu isi formulir yang ada.
• Berikutnya dan mulai mengunggah foto dengan ukuran 4 x 6 cm.
• Mulai pendaftaran dengan log in simak UI, seperti membuat username dan password. Berikutnya pilih menu buat pendaftaran, untuk pendaftar baru.
• Melakukan verifikasi pendaftaran, dengan mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi yang detikers isi benar adanya.
• Meng-upload berkas persyaratan pendaftaran. Khusus untuk pendaftar program pascasarjana (S2 dan S3), Spesialis S1 Ekstensi dan kelas Internasional.
• Membayar biaya pendaftaran. Pembayaran akan dilakukan setelah detikers menyelesaikan semua tahapan pendaftaran di atas.
• Mengunduh Kartu Ujian Masuk. Yang pastinya harus dibawa ketika ujian masuk tiba.
• Mengikuti Ujian seleksi masuk, pada waktu yang ditentukan
• Setelah selesai, maka detikers dapat menunggu dan melihat hasil seleksi pada tanggal yang telah ditentukan.

3. Kelas Internasional

Untuk teknik pendaftarannya, tidak jauh berbeda dengan SIMAK UI, hanya bedanya, detikers, akan mengupload sertifikat TOEFL / IELTS dalam bentuk PDF ke akun pendaftaran yang dibuat.

4. Olimpiade

Khusus untuk jalur olimpiade, biasanya sistem penerimaannya langsung. Di mana para detikers yang berhasil juara dalam olimpiade pendidikan, akan memperoleh surat resmi dari pihak UI. Sisanya hanya mengikuti panduan yang diberikan.

5. SNMPTN / Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri
Untuk detikers yang mengikuti jalur SNMPTN, dan dinyatakan lulus, dapat langsung melakukan scan rapor dan berikutnya melakukan verifikasi di website penerimaan UI.

Jadwal penerimaan dan jadwal tes mahasiswa baru

Berikut ini adalah jadwal penerimaan dan jadwal tes mahasiswa baru yang dilakukan oleh pihak UI, sesuai dengan jalur yang akan Detikers pilih :

1. SBMPTN / Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri
Ujian saringan masuk menggunakan jalur ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya, demikian pula dengan ujian yang dilakukan.

2. SIMAK / Seleksi Masuk Universitas Indonesia
Pendaftarannya mulai 19 Juni 2020 hingga 29 juli 2020, sedang tes simak UI dilakukan pada 15 Agustus 2020.

3. Kelas Internasional

Pendaftaran secara online akan dilakukan mulai tanggal 15 Agustus 2020 hingga 23 Agustus 2020. Sedangkan ujiannya sendiri akan dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2020.

4. Olimpiade

Khusus untuk jalur ini, tidak ada jadwal dan ujian yang harus dilalui oleh calon siswa, karena calon siswa sudah dipilih sebelumnya.

5. SNMPTN / Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri

Jalur sudah resmi ditutup, dan pengumuman hasil seleksinya sudah diumumkan 8 April 2020 kemarin.

Syarat pendaftaran seleksi masuk UI

Berikut adalah syarat masuk umum yang harus detikers ketahui sesuai dengan jalur masuk yang akan dipilih, termasuk jalur mandiri UI, atau SIMAK UI :
• S1 Reguler bagi lulusan SMA/Sederajat, dengan usia ijazah maksimal 3 tahun di masa pendaftaran.
• Vokasi/S1 Paralel untuk lulusan SMA/Sederajat, tanpa ada batasan usia ijazah.
• S1 Kelas Internasional, untuk lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijazah maksimal 5 tahun, serta mempunyai sertifikat TOEFL/IELTS. Adapun jenis TOEFL yang diakui, adalah sertifikasi ETS (PBT/ITP skor min. 500 atau juga iBT skor min. 61, atau CBT skor min. 173) bisa juga IELTS dengan skor minimum 5.5.
• S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3, untuk lulusan D3, D4 atau S1 dengan salinan /copy) ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
• Profesi / Spesialis / S2 / S3, untuk lulusan jenjang pendidikan sebelumnya, dengan menunjukkan salinan (copy) ijazah, dan juga transkrip nilai yang sudah dilegalisir.

Biaya pendaftaran UI

Sedangkan untuk biaya pendaftaran simak UI ini sendiri beragam. Untuk S1 reguler misalnya berkisar antara Rp 400 hingga Rp 500 ribu, dengan tambahan Rp 60 ribu untuk pilihan berikutnya. Sedangkan untuk kelas internasional sekitar Rp 1,3 juta. Untuk program pascasarjana, mulai dari Rp 1 hingga Rp 1,3 juta.

(erd/erd)