Daftar Influencer di Indonesia, Jadi Trending Usai Isu Dana Rp 90,45 Miliar

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 21:39 WIB
Iseng Komentar di Akun Ringgo Agus, Akun Daganganku Kebanjiran Followers
Foto: Getty Images/iStockphoto/GaudiLab/Daftar Influencer di Indonesia, Jadi Trending Usai Isu Dana 90,45 Miliar
Jakarta -

Kata influencer jadi salah satu materi Google Trend dilihat detikcom pada Sabtu (22/8/2020). Isu ini berkembang setelah Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan anggaran hingga Rp 90,45 miliar untuk jasa influencer dari pemerintah.

"Kami menemukan 40 paket pengadaan dengan kata kunci influencer dan key opinion leader. Anggaran belanja makin marak untuk para influencer sejak 2017," kata peneliti ICW Egi Primayogha.

Sebelumnya, peran influencer disorot dalam Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) para pertengahan Agustus 2020. Para influencer yang diduga berperan mengunggah postingan dengan tagar #IndonesiaButuhKerja.

Akun Twitter @kamalbukankemal atau Kamal merilis 22 daftar seleb atau influencer, yang dianggap blak-blakan mendukung RUU Ciptaker. Akun tersebut aktif di Instagram, Twitter, dan media sosial lain serta memiliki follower tidak sedikit.

Lalu apa sebenarnya influencer itu? Director of Marketing Gushcloud Indonesia Edo Oktorano Erhan seorang influencer bisa memberi pengaruh terhadap audiens lewat konten-konten di media sosial seperti Instagram atau YouTube. Salah satu kekuatan influencer di media sosial adalah kedekatan mereka dengan para follower-nya.

Menurut Edo kekuatan itulah yang menjadikan para influencer memiliki daya tarik tersendiri di dunia marketing. "Mereka sadar bahwa kita harus meraih audiens melalui cara yang lebih organik, lebih genuine. Saya bisa bilang sampai tiga tahun ke depan akan sangat-sangat bagus (influencer marketing)," ujar Edo beberapa waktu lalu.

Sementara Chief Operations Officer Gushcloud Marketing Group, Oddie Randa membagi kategori influencer menjadi tiga jenis berdasarkan jumlah pengikutnya yakni nano, micro, dan macro. Nano influencer adalah yang pengikutnya di bawah 20 ribu, micro pengikutnya 20 ribu sampai 100 ribu, sementara macro punya follower lebih dari 100 ribu.

"Kalau sudah di atas satu atau dua juta follower itu hitungannya selebriti atau kita sebut premium influencer. Sebutan selebriti di sini tidak mesti mereka yang sudah masuk TV, tapi terkenal," ujar Oddie.

Berikut daftar 10 influencer di Indonesia:

1. Gofar Hilman

Akun Instagram Gofar Hilman dengan nama pergijauh terlihat sudah mendapat centang biru dengan 691 ribu pengikut dan 3.097 postingan. Gofar menggunakan nama yang sama untuk akun Twitternya dengan 643 ribu pengikut dan mengikuti 595 akun. Di Youtube, Gofar juga aktif dan memiliki 922 ribu subscriber. Sedangkan di Facebook, ada beberapa akun yang menggunakan nama Gofar Hilman sehingga tidak diketahui akun yang sebetulnya dimiliki penyiar radio tersebut.

2. Ardhito Pramono

Publik akrab dengan sosok Ardhito Pramono sebagai seorang penyanyi dan pemain film di Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Ardhito aktif di Twitter, Instagram, dan punya channel YouTube yang mengunggah karyanya. Di Twitter akun @ardhitoprmn memiliki 457 ribu followers, 755 ribu di Instagram dengan nama akun ardhitopramono, dan 370 ribu subscriber di YouTube Ardhito Pramono. Sedangkan di Facebook ada banyak akun bernama Ardhito Pramono namun dengan postingan yang tidak update.

3. Gritte Agatha

Sosok Gritte Agatha adalah aktris sebelum menjadi influencer dan selebgram dengan ribuan pengikut di media sosial. Akun bernama gritteagathaa di Instagram memiliki 3,1 juta pengikut, sebanyak 128,5 ribu di Twitter dengan nama yang sama, dan 3,15 juta di Youtube. Sedangkan di Facebook, Gritte Agatha memiliki official fanpage 20.031 pengikut dan postingan terakhir pada tahun 2019. Di medsos ini Gritte tercatat sebagai tokoh masyarakat lengkap dengan situs pribadi yang tidak bisa diakses.

4. Inul Daratista

Sosok Inul Daratista dikenal publik sebagai penyanyi dan aktif sebagai juri di kompetisi musik dangdut populer. Inul Daratista memiliki akun Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, dan belakangan sering update TikTok. Instagram Inul bernama inul.d memiliki 11,7 juta followers, sebanyak 976,8 ribu pengikut di Twitter dengan nama akun @daratista_inul. Untuk YouTube, Inul memiliki channel dengan 10,3 ribu subscriber dengan nama akun Inul Daratista.

5. Siti Badriah

Sama seperti Inul, Siti Badriah atau disingkat Sibad dikenal masyarakat sebagai penyanyi dangdut. Sibad aktif di Instagram, Twitter, dan Youtube. Sedangkan di Facebook, beberapa akun menggunakan nama Siti Badriah namun belum ada yang terverifikasi. Sibad memiliki akun Instagram bernama sitibadriahh dengan 5,2 juta followers, Twitter dengan nama @SitiBadriahNS yang punya 303,1 ribu pengikut, dan 902 ribu subscriber di YouTube dalam akun Siti Badriah Official.

6. Gisella Anastasia

Nama Gisella muncul kali pertama dalam acara kompetisi musik dan sebagai sinden di program televisi. Bersama putrinya Gempi Gisella kerap mengupdate Instagramnya di gisel_la, yang kini memiliki 29,7 juta followers. Gisella aktif juga di Twitter dengan 2,5 juta pengikut dan channel YouTube Gisella Anastasia yang punya 490 ribu subscriber.

7. Aruan Marsha

Nama Aruan Marsha atau Marsha Aruan dikenal publik lewat perannya dalam film, sinetron, dan FTV. Netizen heboh saat momen baptisnya diunggah lewat media sosial hingga dia melakukan klarifikasi. Marsha aktif di Instagram dengan 2,5 juta followers di akun aruanmarsha, 11,7 ribu pengikut di Twitter dengan akun @marshaaruan, dan 119 ribu subscriber di YouTube lewat channel Marsha Aruan.

8. Gading Marten

Gading Marten dikenal publik setelah berperan dalam berbagai film dan serial televisi. Saat ini, Gading memang lebih aktif di kanal Instagram, Twitter, dan YouTube di channel KUY Entertainment. Gading Marten punya 17,5 juta followers di Instagram lewat akun gadiiing, 4,6 juta di Twitter dengan nama akun yang sama, dan 1,38 juta di YouTube lewat channel yang digagas bersama Raffi Ahmad.

9. Cita Citata

Selain aktif sebagai pedangdut, Cita Citata ternyata salah satu influencer dengan banyak followers. Dia mengumpulkan 12,5 juta followers di Instagram dengan akun cita_citata dab 139,9 ribu di Twitter. Namun Cita Citata tidak punya channel sendiri di YouTube.

10. Adit Insomnia

Aditya Fadilla atau Adit Insomnia menjadi sosok influencer lain yang aktif di medsos Instagram dan Twitter. Adit Insomnia juga kerap tampil di YouTube namun dalam channel milik influencer lain. Adit Insomnia lewat akun @adit_insomnia punya 134,3 ribu followers dan adit_insomnia di Instagram dengan 50.,9 ribu pengikut.

(row/pal)