Universitas Airlangga - Informasi Kampus, Jurusan dan Logo Unair

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 16:34 WIB
Universitas Airlangga (Unair) tidak bertanggung jawab atas klaim dua penelitinya yang menyebutkan suplemen temuan mereka bisa membantu tubuh melawan virus coorona. Seperti yang disampaikan Warek 4 Bidang Bisnis dan Alumni Unair, Prof Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt.
Universitas Airlangga (Unair) yang berlokasi di Surabaya, Jawa TimurFoto: Esti Widiyana
Jakarta -

Sebanyak 2.117 calon mahasiswa diterima di Universitas Airlangga atau Unair melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN 2020. Tersedia banyak pilihan jurusan serta program studi mulai dari D-3 hingga S1 di Unair.

Kampus ini juga menyediakan pula berbagai program beasiswa, baik itu yang diberikan langsung oleh pemerintah ataupun dari berbagai instansi swasta yang mana telah menjadi mitra kerja sama dengan kampus tersebut. Bagi detikers yang ingin melanjutkan pendidikan maka kampus Unair ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Mengenai informasi kampus Unair ini maka Anda bisa melihatnya di sini dengan jelas.

Informasi Singkat Universitas Airlangga

Kampus Universitas Airlangga atau disingkat Unair merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang mana terletak di Surabaya, Jawa Timur. Kampus Unair ini didirikan pada tanggal 10 November 1954 dan itu bertepatan langsung dengan perayaan hari pahlawan yang ke-9. Selain itu, Universitas Airlangga ini juga telah memiliki banyak mahasiswa yakni bisa mencapai 36 ribu mahasiswa yang telah menempuh pendidikan di sini. Oleh karena itu, bagi detikers atau kamu yang ingin berkuliah di sini maka jangan lewatkan pendaftaran masuk kampus Universitas Airlangga dan Kamu bisa mengikuti beberapa jalur masuk perguruan tinggi.

Fakultas dan Program Studi di UNAIR

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, Unair memiliki 19 fakultas dan juga 56 program studi. Berikut rangkumannya:
• Fakultas Kedokteran S1
• Fakultas Kedokteran Gigi S1
• Fakultas Hukum S1
• Fakultas Ekonomi dan Bisnis S1
• Fakultas Farmasi S1
• Fakultas Kedokteran Hewan S1
• Fakultas Ilmu Sosial dan Politik S1
• Fakultas Sains dan Teknologi S1
• Fakultas Kesehatan Masyarakat S1
• Fakultas Psikologi S1
• Fakultas Ilmu Budaya S1
• Fakultas Ilmu Keperawatan S1
• Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan S1
• Fakultas Vokasi D-3
• Fakultas Ekonomi dan Bisnis D-3
• Fakultas Ilmu Budaya D-3
• Fakultas Kesehatan Masyarakat (D-3)
• Fakultas Vokasi D-4
• Fakultas Kedokteran D-3

Tak hanya itu saja, Kamu juga harus mengetahui bahwa Universitas Airlangga untuk saat ini telah menjadi salah satu kampus atau universitas ternama di Indonesia hingga bahkan sampai ke mancanegara. Detikers juga harus mengetahui bahwa kampus ini telah memperoleh berbagai prestasi terbaik salah satunya yaitu Universitas Airlangga dapat masuk ke dalam jajaran 200 terbaik Asia Versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWURS).

Jadi, hal ini bisa menjadi pula daya tarik bagi detikers ataupun calon mahasiswa baru yang memang memiliki minat untuk berkuliah di Unair. Setiap tahunnya tepatnya pada ajaran baru, tentu akan ada banyak sekali calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri sehingga bisa masuk ke Universitas Airlangga. Unair membuka beberapa jalur untuk penerimaan mahasiswa baru yaitu seperti jalur nasional dan jalur mandiri.

Aula UNAIR

Setiap universitas terbaik tentu menawarkan berbagai fasilitas sehingga mahasiswa dan mahasiswi bisa belajar dengan baik. Salah satunya pusat bahasa Unair yang mana nantinya memberikan berbagai informasi tentang Universitas Airlangga maka nantinya pihak kampus juga menyediakan pula Aula Unair.

Di mana aula Unair ini merupakan web e-learning Universitas Airlangga (AULA), yang mana aula ini menawarkan berbagai kumpula ruang kelas virtual yang menjadi tempat pelaksanaan pembelajaran daring yang sangat bermutu di kampus Universitas Airlangga. Jadi, nantinya Anda hanya perlu login dan masuk ke dalam aula unair sehingga Anda dapat memulainya.


Lokasi Universitas Airlangga

Kampus Unair ini memiliki beberapa fakultas dan juga 1 sekolah pascasarjana yang nantinya menempati tiga kampus yang tersebar di kota Surabaya:
• Kampus A berada di Jln. Prof. Dr. Moestopo 47.
• Kampus B berada di Jln. Airlangga 4-6.
• Kampus C di Mulyorejo, Surabaya Timur.
• Kampus Banyuwangi yang merupakan kampus untuk program studi di kampus utama yaitu bertempat di Gedung Kampus Giri Jl. Wijaya Kusuma No. 113 dan juga kampus sobo di Jln. Ikan Wijinongko No. 18a.
• Kampus Jakarta bertempat di Graha STR Kemang, Jakarta Selatan. Dimana lokasi tersebut khusus dibuka untuk program studi pascasarjana.

Nama, Simbol dan Logo Unair

Para calon mahasiswa yang ingin masuk atau berkuliah di kampus Universitas Airlangga tentu kamu harus bisa mengetahui dengan jelas tentang sejarah nama, simbol dan logo Unair.

Nama Airlangga tersebut diambil langsung dari nama raja yang pada saat itu memerintah Jawa Timur tepatnya pada tahun 1019 hingga pada tahun 1042 yakni Rakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewa atau dikenal pula dengan sebutan nama Prabu Airlangga. Sedangkan untuk simbol atau yang menjadi logo unair dari universitas tersebut yaitu Garuda Mukti dengan tunggangan Bhatara Wisnu yang mana membawa guci yang berisikan air yang disebut dengan air Amarta yaitu air kehidupan abadi.

Oleh karena itu, simbol atau logo ini melambangkan pula bahwa Universitas Airlangga sebagai salah satu sumber ilmu yang mana senantiasa kekal. Untuk bendera dari Unair ini berwarna kuning dan biru, yang mana masing-masing warna tentunya melambangkan sesuatu seperti warna kuning yang melambangkan pula keanggunan sedangkan untuk warna biru akan melambangkan pula kesatria dan juga jiwa yang mendalam.

Selain itu, warna-warna tersebut diambil langsung dari warna selubung yang mana menutupi patung Wisnu tepatnya pada upacara pendirian resmi Universitas Airlangga yang diresmikan langsung oleh Presiden Pertama Republik Indonesia yakni pada tanggal 10 November 1954.

Repository Unair

Indonesia memang memiliki banyak kampus terbaik yang bisa kamu pilih salah satunya yaitu Universitas Airlangga. Kampus yang memiliki akreditasi A dan telah banyak mengukir prestasi tentunya tidak hanya menawarkan berbagai pilihan jurusan dan program studi saja. Dimana kampus ini juga dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas terbaik seperti Gedung pertemuan, asrama mahasiswa, perpustakaan, rumah sakit umum, rumah sakit gigi dan mulut, rumah sakit hewan, student center, tempat ibadah atau masjid, laboratorium, bus kampus, klinik kesehatan mahasiswa, stadion atau lapangan bola hingga koperasi mahasiswa.

Selain itu, kampus ini juga memiliki atau menyediakan layanan repository yang mana merupakan gudang penyimpanan berbagai karya tulis digital yang nantinya bisa diakses dan dilihat oleh para mahasiswanya. Di mana repository Unair ini berisikan beberapa muatan lokal yaitu seperti skripsi, artikel jurnal, buku, makalah penelitian dan juga lainnya.

Jadi, dengan adanya layanan tersebut tentu akan membuat para mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Airlangga akan jauh lebih mudah untuk mencari bahan atau materi terutama mengenai skripsi, jurnal hingga sampai makalah penelitian. Tentu hal ini menjadi fasilitas terbaik yang ditawarkan oleh pihak kampus dan memudahkan para mahasiswa dalam belajar dan mencari berbagai bahan perkuliahan ataupun materi yang dibutuhkannya.

(erd/erd)