Calon Wali Kota Surabaya Akan Diumumkan PDIP Bersama dengan Bali

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 20:07 WIB
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Kudus, Jawa Tengah siap memerahkan Kota Kretek. Mereka mengibarkan bendera partai.
Ilustrasi bendera PDIP (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

PDI Perjuangan akan mengumumkan calon Wali Kota Surabaya berbarengan dengan pengumuman calon untuk Pilkada Bali. PDIP mengatakan cawalkot untuk Surabaya akan diputuskan dalam waktu dekat, sedangkan calon Gubernur Bali sudah tahap finalisasi.

"Bali sudah finalisasi, dan keputusan sudah diambil. Kota Surabaya dalam waktu dekat keputusan akan diambil, pengumumannya, nanti akan dilakukan bersama dengan Bali," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat konferensi pers, Jumat (21/8/2020).

Acara pengumuman akan mengambil tema kebudayaan. Hal ini dilakukan untuk menghormati Wali Kota Tri Rismaharini yang kerap mendapat penghargaan.

"(Pengumuman) dengan tema lingkungan, tema kebudayaan, untuk mempersiapkan komitmen calon kepala daerah, karena dari Kota Surabaya Bu Risma begitu banyak menerima penghargaan baik dalam negeri maupun internasional berkaitan dengan penataan kota," katanya.

Hasto juga mengatakan PDIP sudah mengundang berdiskusi dengan kader di Surabaya untuk melakukan pemetaan. Menurutnya, tidak mudah mengganti sosok Risma.

"Kalau kita lihat Surabaya, sebenarnya dengan 10 tahun kepemimpinan Bu Risma yang membawa kemajuan dan lingkungan, itu ada pihak-pihak yang juga merasa bahwa kepemimpinan Bu Risma tidak membuka ruang kompromi, misal untuk membuka jalan tol dalam kota, karena itu bisa mengganggu taman-taman kota yang dibangun Bu Risma, dengan demikian sejak lima tahun lalu kami sudah biasa menghadapi tekanan kepungan di Kota Surabaya," jelasnya.

"Bahkan sejarah mengapa ada calon tunggal, tidak terlepas dari lima tahun lalu di Kota Surabaya saat itu seluruh partai mencoba menggagalkan pencalonan kedua Bu Risma dan Mas Wisnu (Wawalkot Surabaya Wisnu Sakti Buana). Kemudian ada proses di MK yang mengizinkan calon tunggal untuk berhadapan dengan kotak kosong, karena itu kami mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2