PAN DKI Siapkan Dana Rp 2,2 Miliar untuk Modal UMKM, Begini Syaratnya

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 12:37 WIB
PAN DKI Jakarta.
PAN DKI Jakarta (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta mencari 22 pengusaha atau warga Ibu Kota yang ingin membuka usaha. Hal itu dilakukan dalam rangka HUT PAN ke-22.

Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio mengatakan pihaknya akan memberi 22 para pengusaha, calon pengusaha, atau pelaku UMKM modal. Menurutnya, modal tersebut akan diberikan sebesar Rp 22 juta hingga Rp 2,2 miliar untuk 22 orang.

"Kita di ultah ke-22 ini mengajak para pengusaha atau calon pengusaha atau UMKM untuk diberi permodalan. Jadi bahasanya PAN cari PANgusaha sebanyak 22 pengusaha. Dari Rp 22 juta sampai Rp 2,2 miliar," ujar Eko di auditorium Graha Komando, Jalan Cipinang Indah, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (21/8/2020).

Eko menjelaskan syarat mendapatkan modal usaha itu cukup membuat proposal dengan ide usaha yang akan dibangun. Proposal itu diserahkan ke kantor DPW DKI Jakarta.

"Bagaimana caranya? Dia memberikan ide gagasan, serahkan proposal, serahkan ke kantor DPW PAN DKI," katanya.

Pemberian usaha itu dilakukan khusus bagi pemilik KTP DKI Jakarta. Eko mengatakan usaha yang dilakukan juga harus dibuka di wilayah DKI, bukan di daerah lain.

"KTP-nya DKI, domisili di DKI, buka usahanya di DKI. Yang pertama ini kan konsep Rp 22 juta sampai Rp 2,2 miliar. Tergantung proposal yang diajukan, misalnya butuh Rp 300 juta nggak apa-apa, yang penting range Rp 22 juta sampai Rp 2,2 miliar," katanya.

Lebih lanjut, Eko menerangkan, selama pandemi COVID-19 ini, PAN DKI berfokus pada tiga bidang dalam membantu masyarakat. Pertama bidang kesehatan, kedua bidang pendidikan, dan ketiga bidang ekonomi.

"Yang ketiga ekonomi. Kita bantu berkaitan dengan masalah yang tadi (modal usaha). Membantu warga DKI menjadi PANgusaha," imbuhnya.

(idn/idn)