Situs Berita Tempo.co Diretas, Pemred Sebut Ada Upaya Pembungkaman

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 12:06 WIB
An illustration picture shows a projection of binary code on a man holding a laptop computer, in an office in Warsaw June 24, 2013. REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Gambar ilustrasi (Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta -

Situs berita Tempo.co diretas dini hari tadi. Pemimpin Redaksi (Pemred) Tempo.co menyebut peretasan ini sebagai upaya pembungkaman pers.

Situs Tempo.co sempat tidak bisa diakses pada Jumat (21/8/2020) mulai dini hari. Kemudian, ada tampilan pesan tertentu di tampilan layar sebelum akhirnya Tempo.co mengambil alih kembali situsnya pada pukul 01.30 WIB.

"Memang benar website Tempo.co ada yang coba meretas berkali-kali. Kita menganggap ini salah satu upaya mengganggu kerja jurnalistik yang dilakukan Tempo, aktivitas rutin yang dilakukan dan diatur Undang-Undang Pers," kata Pemred Tempo.co Setri Yasra kepada detikcom, Jumat (21/8/2020).

Tampilan Tempo.co berubah menjadi hitam dengan tulisan sebagai berikut:

Deface By @xdigeeembok. STOP HOAX! Stop Hoax, Jangan BOHONGI Rakyat INdonesia. Kembali ke etika jurnalistik yang benar patuhi dewan pers. Jangan berdasarkan ORANG yang BAYAR saja. Deface By @xdigeeembok.

"Berbagai upaya mengganggu tersebut yang dikategorikan sebagai upaya pembungkaman tidak akan berdampak apa-apa terhadap kami. Tempo akan tetap dan terus bekerja seperti biasa, menyampaikan informasi di lapangan untuk kepentingan publik dan Republik," kata Setri Yasra.

Selanjutnya
Halaman
1 2