Gerindra Bakal Pecat Kader yang Didukung PD di Pilkada Padang Pariaman

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 01:46 WIB
Politikus Gerindra Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Foto: Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, memberi sinyal akan memecat Tri Suryadi, kader Gerindra yang didukung Partai Demokrat (PD) maju pada Pilkada Kabupaten Padang Pariaman. Andre menyebut pemecatan kader diatur dalam internal partai'.

Tri Suryadi yang akrab disapa Wali Feri, merupakan Anggota Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Sumatera Barat. Dalam beberapa foto yang beredar di media sosial, Wali Feri terlihat mengenakan jaket PD, saat menerima rekomendasi pencalonan, dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Tentu saja ada aturan partai. Kita pecat dan berhentikan dari partai," kata Andre dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (21/8/2020).

Menurut Andre, pihaknya sangat memahami dan menghormati hak politik Tri Suryadi untuk maju sebagai bakal calon Bupati Padang Pariaman pada Pilkada 2020. Namun, "Partai harus menegakkan aturan. Maju dari partai lain dan (mengenakan) jaket partai lain pula, tentu akan kita tindak," kata Andre.

Pemecatan juga akan berpengaruh terhadap posisi Tri Suryadi sebagai anggota DPRD Sumbar. Kemungkinan Tris Suryadi juga akan diganti sebagai anggota dewan.

"Kalau sudah diberhentikan dari partai, otomatis keanggotaannya di DPRD juga akan diganti," ujar Andre.

Andre belum merinci langkah pemecatan terhadap Tri Suryadi. Namun dia menghormati keputusan Tri.

"Sekali lagi, kami menghormati hak individu dan konstitusi Wali Feri, namun partai juga punya aturan," sebut Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2