Hanyut di Parit Medan Pekan Lalu, Marolop Ditemukan Tewas di Deli Serdang

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 00:34 WIB
Mayat hanyut di Deli Serdang ditemukan
Foto: Mayat hanyut ditemukan di Deli Serdang (Dok. Istimewa)
Medan -

Seorang warga bernama Marolop Butar-butar ditemukan tewas di daerah Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Mayat Marolop ditemukan setelah hanyut di parit Medan sejak pekan lalu.

"Setelah kita terima info, saya langsung memerintahkan Kepala Siaga Harian untuk memimpin persiapan dan keberangkatan personel yang dipimpin Danru Dody Prananta guna melakukan evakuasi korban dan benar saja jasad tersebut Merupakan Marolop Butar-butar yang beberapa hari lalu hanyut, korban ditemukan sekitar sejauh 25 KM dari lokasi awal hanyut," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan, Toto Mulyono, kepada wartawan, Kamis (20/8/2020).

Dia mengatakan Marolop hanyut di parit kawasan Medan Denai pada Rabu (12/8). Marolop, yang saat itu menjadi penumpang becak, terseret luapan air saat hujan deras dan masuk ke parit bersama tukang becak serta seorang penumpang lain.

Tukang becak dan seorang penumpang lainnya selamat. Namun, Marolop hanyut dan menghilang terbawa arus.

Tim SAR kemudian melakukan pencarian. Setelah tujuh hari, pencarian sempat dihentikan karena Marolop tak kunjung ditemukan.

"Pencarian sudah kita lakukan selama tujuh hari namun korban belum diketemukan sehingga sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan maka pencarian ditutup dan dilanjutkan dengan pemantauan bilamana ada laporan korban ditemukan," tuturnya.

Pada Kamis (20/8), petugas mendapat laporan ada sesosok mayat di Muara Paluh Merbau, Desa Tanjung Rejo, Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Petugas datang dan melakukan evakuasi. Jenazah Marolop telah diserahkan ke pihak keluarga.

"Personel kita berhasil mengevakuasi jasad korban sekitar pukul 16.15 WIB dan langsung menyerahkan kepada keluarga korban," jelasnya.

(haf/rfs)