Pemerintah Minta Pemda-pemda Contoh Bali Tangani COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 17:02 WIB
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet)
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito (Foto: dok. YouTube Sekretariat Kabinet)
Jakarta -

Satgas COVID-19 melaporkan perkembangan terbaru terkait penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Bali menjadi contoh untuk pembelajaran pimpinan daerah lainnya dalam memutus rantai penularan virus tersebut.

"Pembelajaran yang penting dari Indonesia, kebetulan berasal dari Pulau Bali. Kalau kita lihat, kita perlu belajar dari Pulau Bali dalam penanganan COVID-19 dan bagaimana mereka menegakkan kedisiplinan masyarakat," juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/8/2020).

Wiku menjelaskan kasus positif di Bali sempat memuncak pada Juli 2020, yakni 554 kasus per minggu. Namun, kata dia, hingga saat ini data kasus positif di Bali terus mengalami penurunan.

"Sejak saat itu sampai sekarang per 16 Agustus datanya turun terus menjadi 286 per minggu. Kalau kita lihat di sini, jumlah kasus positif di Bali total ada 4.158, ini kontribusinya hanya 2,9 persen dari jumlah nasional. Sedangkan persentase kesembuhan 87,7 persen. Jadi di atas angka rata-rata dunia dan nasional. Sedangkan persentase kematian 1,2 persen di bawah rata-rata nasional, bahkan juga dunia," jelasnya.

Tonton video 'Kasus Aktif COVID-19 RI di Bawah Dunia':

[Gambas:Video 20detik]