Mengenal Lebih Dekat dengan Universitas Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 16:34 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Mengenal Lebih Dekat dengan Universitas Indonesia ( Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi dengan nilai rata-rata tertinggi saat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN yang diumumkan pada Jumat, 14 Agustus 2020 pekan lalu. Di UI juga terjadi persaingan ketat saat seleksi masuk, yakni untuk jurusan Ilmu Komunikasi. Jumlah peminat yang ikut SBMPTN mencapai 2.988, sementara yang diterima hanya 24.

Sejarah UI

Kampus Universitas Indonesia didirikan pada tahun1849. Saat itu pemerintah kolonial Belanda membangun sekolah agar dapat menghasilkan asisten dokter tambahan. Lulusannya akan diberikan sertifikat agar dapat melakukan berbagai perawatan tingkat dasar dan memperoleh gelar Dokter Jawa.

Mengapa diberikan gelar seperti ini? Karena dokter ini hanya bisa membuka praktiknya di kawasan Hindia Belanda. Saat orde baru dimulai di tahun 1966, pemerintah pun menunjuk sebagian guru besar UI agar menduduki jabatan menteri yang bertujuan untuk memulihkan situasi ekonomi nasional.

Sejak saat itulah, Universitas Indonesia sebagai universitas terbaik ini secara selalu memberikan kontribusinya kepada pemerintah agar meraih kemakmuran nasional. Bagaimana dengan logo UI? Logo dari universitas ini diciptakan pada 1952 oleh Sumaxtono yang bernama asli Sumartono. Dia adalah mahasiswa angkatan 1951. Ide dasar dari logo tersebut yaitu kala-makara, sebagai dua kekuatan alam, yaitu kala sebagai kekuatan matahari serta makara sebagai kekuatan bumi.

Pada 26 Desember 2000 yang lalu, dari Peraturan Pemerintah Nomor 152, Universitas ini pun telah ditetapkan sebagai perguruan tinggi dengan status sebagai Badan Hukum Milik Negara atau BHMN. Pada status ini UI diwajibkan agar lebih mengedepankan kinerja pengelolaan dari sebuah universitas publik yang memiliki prinsip-prinsip efisiensi, akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas.

Lokasi kampus UI

Di manakah alamat Universitas Indonesia? Alamatnya terletak di Jalan Margonda Raya, tepatnya di Pondok Cina, Kota Depok. Dapat dikatakan bahwa kampus utama UI berada di bagian utara Depok, tepatnya di perbatasan Depok dan wilayah dari Jakarta Selatan. Sedangkan kampus yang lain berada di kawasan Salemba di Jakarta Pusat.

Tetapi, untuk perkuliahan utamanya tetap dilakukan di kampus UI Depok. Selain itu, kampus UI Depok dilintasi juga dengan commuter line (KRL) Jakarta ke Bogor, dengan begitu memudahkan dalam transport. Untuk kamu yang ingin ke kampus UI Depok menggunakan KRL, maka kamu bisa turun langsung ke stasiun Universitas Indonesia.

Jalur masuk UI

Untuk kamu yang ingin sekali melanjutkan pendidikan S1 ke UI, maka kamu bisa memilih 2 jalur masuk seperti pada pembahasan di bawah ini.
• Jalur undangan, jalur masuk untuk kategori undangan ada 4 cara, yaitu:
• Jalur undangan, seleksi yang berdasarkan nilai rapor dengan cara memperhitungkan indeks prestasi sekolah.
• SNMPTN, kamu sebagai pendaftar bisa memilih beberapa program pendidikan di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
• PPKB, yaitu jalur undangan yang diberikan untuk program pendidikan Vokasi serta S1 Paralel.
• Talentscouting, yaitu jalur undangan program pendidikan S1 untuk Kelas Internasional.

• Jalur ujian tulis, jalur masuk untuk kategori ini memiliki porsi yang lebih banyak, yang boleh diikuti oleh siapa saja.
• SBMPTN, jalur yang diselenggarakan panitia nasional SBMPTN. Tentunya jalur ini diperuntukkan untuk program pendidikan S1 Reguler saja.
• SIMAK, diperuntukkan untuk program pendidikan S1 Paralel, S1 Reguler, dan Vokasi.
• SIMAK-Kelas Internasional, yaitu jalur tulis yang diselenggarakan UI untuk program S1 Kelas Internasional.

Fakultas yang Ada di UI

Tentunya Universitas Indonesia memiliki berbagai pilihan fakultas dengan biaya Universitas Indonesia yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai fakultas yang ada di UI.
• Fakultas Psikologi
• Fakultas Ekonomi dan Bisnis
• Fakultas Hukum
• Fakultas Teknik
• Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
• Fakultas Farmasi
• Fakultas Kesehatan Masyarakat
• Fakultas Ilmu Administrasi
• Fakultas Kedokteran
• Fakultas Matematika dan IPA
• Fakultas Keperawatan
• Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
• Fakultas Ilmu Komputer
• Fakultas Kedokteran Gigi

Selain itu, Universitas Indonesia sebagai universitas terbaik juga memiliki program pendidikan S3. Dari berbagai fakultas yang telah dipaparkan di atas, tentunya masih ada peminatan-peminatan lainnya.

Transportasi Kampus UI

Kamu tidak memiliki kendaraan pribadi? Tenang tak perlu khawatir karena UI juga menyediakan berbagai pilihan transportasi di area kampus. Berbagai transportasi tersebut adalah sebagai berikut.
• Transjakarta x UI
Pada jam operasional tertentu, ada metrotrans yang beroperasi dari kampus UI Depok. Nantinya metrotrans ini akan berhenti di halte-halte fakultas sebelum perjalanannya berlanjut ke luar kampus UI. Tentunya kamu tidak perlu khawatir dikarenakan layanannya gratis untuk siapa saja selama kamu berada di area UI.

• Bis kuning
Bis yang sering juga disebut dengan "bikun" ini adalah transportasi gratis di dalam kampus UI. Beroperasi dari mulai hari senin hingga sabtu (kecuali tanggal merah). Sedangkan jam operasional bikun adalah dari jam 07.00 hingga 21.00 di hari senin hingga jumat, dan jam 07.00 hingga 17.00 di hari sabtu. Untuk rute perjalanannya dari Asrama Mahasiswa UI, kemudian melakukan pemberhentian di halte-halte fakultas sebelum berakhir di Asrama UI.

• Gowes UI
Nah, jika sebelumnya UI menyediakan sarana transportasi berupa sepkun atau sepeda kuning, UI saat ini bekerja sama dengan GOWES untuk menyediakan transportasi berupa sepeda, otopet listrik, serta sepeda listrik di area kampus UI yang ada di Depok. Agar bisa menikmati fasilitas otopet dan sepeda ini, maka pengguna diharuskan untuk mendownload aplikasi GOWES di App Store dan Play Store.

Fasilitas yang Ada di UI

Tentunya fasilitas penunjang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar selama menempuh pendidikan di UI bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tentunya kampus yang satu ini memanjakan para mahasiswanya dengan berbagai fasilitas yang terbilang lengkap. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

• Asrama

Kampus UI yang ada di Depok tentunya menyediakan asrama sebagai tempat tinggal para mahasiswanya dari luar kota. Fasilitas yang disediakan di setiap kamar seperti tempat tidur, meja belajar, dan lemari. Mahasiswa juga bisa memilih ingin kamar ber-AC atau kamar standar (non-AC). Sarana dan prasarana yang ditawarkan seperti gazebo, kantin, minimarket, kios fotokopi, kios laundry, lapangan basket dan futsal.

• Perpustakaan
Tentunya perpustakaan Pusat dari Universitas Indonesia sebagai universitas terbaik ini menawarkan akses komprehensif baik antar fakultas maupun disiplin ilmu. Perpustakaan pusatnya berada pada Gedung Crystal of Knowledge. Berbagai koleksi yang tersedia seperti koleksi majalah, koleksi buku, koleksi artikel elektronik, koleksi non buku, koleksi buku elektronik hingga karya yang dihasilkan dari sivitas akademika UI.

• Poliklinik
Nah, fasilitas poliklinik ini ditujukan kepada seluruh civitas akademik, baik mahasiswa, dosen, hingga karyawan Universitas Indonesia. Terdapat lima poliklinik yang jadwal layanannya dilakukan setiap hari kecuali minggu adalah Poliklinik Umum, Poliklinik Jantung, Poliklinik Gigi, Poliklinik Radiologi, dan Poliklinik Ortodonti.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu kamu ketahui mengenai kampus UI. Semoga bermanfaat!

(erd/erd)