Kisah Kiai NU yang Meninggal Bareng Istri: Khatam Al-Qur'an 3 Hari Sekali

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 14:14 WIB
Kiai NU, H Muhammad Idrus Makkawaru, dan istri semasa hidup
Kiai NU, H Muhammad Idrus Makkawaru, dan istri semasa hidup. (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

H Muhammad Idrus Makkawaru, kiai NU yang meninggal bareng istri tercinta, memiliki sejumlah perilaku unik semasa hidupnya. Salah satunya rajin meminjam buku.

"Kalau dia ke rumah saya, yang pertama dia lihat itu rak buku saya, dan itu dia pinjam (buku)," kata anak tertua almarhum, Ahmad Mujahid, kepada detikcom, Kamis (20/8/2020).

Ahmad bercerita pernah berdiskusi dengan salah seorang sepupunya. Sepupu Ahmad itu menyebut almarhum memang sebagai orang literasi sejati.

"Dia juga rajin baca Al-Qur'an. Dia itu khatam tiga hari sekali. Itu gayanya dia," kenang Ahmad.

Sang kiai NU tersebut selama ini banyak menghabiskan waktunya di Bantaeng, Sulawesi Selatan, sebagai pendakwah, kader NU. Almarhum juga menjabat Kepala Departemen Agama di Kabupaten Bantaeng dari 1989 sampai 2000.

"Habis itu dia pensiun," kata Ahmad.

Selepas pensiun itulah almarhum pindah ke Kota Makassar, tepatnya pada 2003. Selanjutnya, dia banyak menghabiskan waktu dengan belajar agama.

"Kalau di Bantaeng kan dia jadi penceramah dan lain-lain, setelah itu (di Makassar) justru dia yang pergi belajar di majelis Masjid Raya, di majelis Masjid Telkom. Jadi dia sering ke situ belajar, antara Magrib-Isya, dia belajar kitab," katanya.

Tonton juga video 'Kiai Pacitan 17 Tahun Berdakwah 'Tanpa' Jemaah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2