Long Weekend Tahun Baru Islam, Begini Kondisi di TMII Siang Ini

Kadek Melda Luxia - detikNews
Kamis, 20 Agu 2020 12:36 WIB
Tugu Api Pancasila di TMII Mulai Didatangi Pengunjung
Foto: Kadek Melda/detikcom
Jakarta -

Beberapa warga menjadikan momen libur panjang atau long weekend Tahun Baru Islam 1442 H untuk bepergian ke tempat rekreasi. Salah satunya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.

Pantauan detikcom di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, Kamis (20/8/2020) pukul 12.23 WIB, TMII terlihat mulai ramai oleh pengunjung. Keramaian mulai terlihat di sekitar lokasi Tugu Api Pancasila.

Kondisi saat ini terlihat anak-anak yang bermain layang-layang dan berlarian. Sejumlah keluarga juga cukup banyak yang berduduk santai sambil menggelar tikar di sekitar tugu. Pedagang-pedagang mainan juga mulai berdatangan untuk menjajakan dagangannya kepada pengunjung.

Tampak Warga Duduk Bersama Keluarga di Tugu Api Pancasila TMIITampak warga duduk bersama keluarga di sekitar Tugu Api Pancasila TMII. (Kadek Melda/detikcom)

Sementara itu, salah satu pengunjung, Niar, datang bersama keluarganya. Niar memilih mengisi libur panjang kali ini dengan mengunjungi TMII karena jarak dari tempat tinggalnya tidak terlalu jauh.

"Karena lebih dekat dari rumah, karena dari arah selatan ke timur," kata Niar saat ditemui di lokasi.

Niar mengaku sebenarnya ada kekhawatiran berlibur saat situasi pandemi Corona (COVID-19). Namun, yang terpenting baginya, protokol kesehatan tetap dijaga.

"COVID takut sih, cuma ya sudah, kita main saja. Yang penting protokol kesehatan dijaga," ujarnya.

Niar mengaku suda lama tidak mengunjungi TMII. Dia kali ini datang bersama orang tua, suami, dan anaknya.

"Dateag dari jam 08.30 WIB. Bareng keluarga saja, berempat sama anak 1. Tapi kita juga jarang ke sini, sudah 4 tahunan," tuturnya.

Niar dan keluarganya juga menyempatkan diri beristirahat. Dia dan keluarga menggelar tikar setelah lelah berkeliling.

"Ini gelar tikar sebentar saja, istirahat. Capek tadi habis keliling anjungan," imbuhnya.

Pantauan di lokasi, mayoritas masyarakat yang datang mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan tidak terlihat berkerumun. Sebelum pengunjung masuk ke area TMII, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan pengunjung mengenakan masker.

(maa/maa)