Ada Pawai Obor di Cengkareng dan Kebon Jeruk Jakbar, Satpol PP Imbau Bubar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 22:37 WIB
Pawai obor digelar sejumlah warga dibeberapa tempat dalam rangka menyembut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1442 Hijriah.
Ilustrasi Pawai Obor (Antara Foto)
Jakarta -

Ada pawai obor menyambut Tahun Baru Islam di Kawasan Cengkareng, dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Satpol PP Jakarta Barat sedang mengimbau agar pawai tersebut bubar.

"Di Cengkareng Barat dan Kebon Jeruk. Sudah diingatkan juga, kan sifatnya mengimbau, tidak melarang," ucap Kasatpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat, saat dihubungi, Rabu (19/8/2020).

"Mudah-mudahan kita harapkan (bubar), dengan tokohnya, kalau Cengkareng Ustaz Haji Tatang katanya. Paling enggak ya pakai masker jaga jarak mungkin ya," ucap Tamo.

Menurut Tamo, Satpol PP tidak bisa asal melarang. Khawatir akan ada gesekan antara masyarakat dengan petugas di lapangan.

"Kita kan sifatnya mengimbau, tidak bisa larang karena kan tradisi lama. Ini kan tradisi lama, kalau larang khawatir jadi ini, tapi kita imbau paling enggak, kalau bisa direm lah. Kita nggak bisa melarang sifatnya. Pak Mandanpol (Komandan Satpol PP Kecamatan) ke dua-nya juga sedang melakukan pendekatan," kata Tamo.

Diketahui, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin mengimbau warga agar tidak menggelar pawai obor di malam 1 Muharam 1442 Hijriah. Imbauan itu dilakukan karena saat ini pandemi virus Corona (COVID-19) masih terjadi.

"Tetap kita imbau, kita ingatkan semua pihak yang berkepentingan supaya tidak mengadakan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan yang mempunyai potensi penularan, sekali lagi bukan kita tidak ingin memeriahkan Hari Muharam, Hari Tahun Baru Islam. Tetapi kita lebih bijak, arif dalam suasana pandemi ini, toh perayaan kemerdekaan saja kita bisa menunda dulu kegiatan yang berkerumun tadi, alhamdulillah imbauan seruan benar-benar dipahami dimengerti serta dipatuhi," ujar Arifin di Balai Kota DKI Jakarta.

(aik/imk)