Calon Penumpang di Stasiun Gambir: Saya Nggak Nyangka Seramai Ini

Jehan Nurhakim - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 22:21 WIB
Suasana Stasiun Gambir pada Rabu, 19 Agustus malam
Foto: Suasana Stasiun Gambir pada Rabu, 19 Agustus malam (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Suasana di Stasiun Gambir di malam Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah ramai penumpang. Penuhnya kursi tunggu di area loket tiket kereta membuat beberapa calon penumpang duduk melantai di sudut-sudut stasiun.

Salah satu calon penumpang kereta jurusan Jakarta-Yogyakarta, Munawar mengaku kaget melihat ramainya stasiun. Dia mengatakan sebelumnya juga menggunakan jasa kereta api dan kondisinya lengang.

"Volume penumpangnya jelas lebih meningkat sekarang. Kemarin saya pulang dapet duduk masih longgar. Ini sudah penuh semua. Terus terang saya kaget. Saya nggak nyangka seramai ini," kata Munawar kepada detikcom di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020).

Calon penumpang kereta jurusan Yogyakarta lainnya, Yunda mengatakan situasi Stasiun Gambir yang ramai membuatnya khawatir dengan penularan virus Corona (COVID-19). Namun dirinya tetap melakukan perjalanan karena memanfaatkan momen libur panjang akhir pekan atau long weekend untuk mudik.

"Pertama saya incer momen ya, karena ini long weekend terus dapat libur dari kantor. Jadi saya menfaatkan momen untuk pulang dari Jakarta ke Yogyakarta, Ingin mudik. Sebenarnya risiko selalu ada, tergantung pribadi masing masing untuk kesehatan. Yang namanya potensi selalu, kita menetralisir itu lah," ucap Yunda.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 22.00 WIB , calon penumpang yang berdatangan ke Stasiun Gambir malam ini umumnya hendak melakukan perjalanan ke arah Jawa yang jadwal keberangkatannya pada malam hari. Suasana Stasiun Gambir malam ini memang nampak lebih ramai dibanding sore hari tadi.

Sore tadi tak ada antrean di loket karcis. Begitu juga dengan bangku-bangku di area loket yang terlihat kosong pada pukul 16.30 WIB.

Suasana Stasiun Gambir pada Rabu, 19 Agustus malamSuasana Stasiun Gambir pada Rabu, 19 Agustus malam (Foto: Jehan Nurhakim/detikcom)
(aud/aud)