Begini Ketatnya Protokol Kesehatan di Polda NTB: Kapolda Sidak-Awasi CCTV

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 17:21 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal sidak protokol kesehatan di Mapolda NTB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal melakukan sidak protokol kesehatan di Mapolda NTB. (Foto: dok. istimewa)
Mataram -

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal mengatakan penerapan protokol kesehatan di lingkungan Polda NTB hingga tingkat jajaran polsek se-NTB ketat dilakukan sejak pandemi Corona (COVID-19). Iqbal mengaku kerap berkeliling Mapolda dan melihat rekaman CCTV untuk mengamati praktik protokol kesehatan oleh anggotanya.

"Sejak awal pandemi, saya sudah wanti-wanti ke seluruh jajaran, saya peringatkan soal mendisiplinkan diri sendiri sebelum mendisiplinkan warga. Karena itu, kami masif, masif dalam melakukan patroli di internal maupun di tengah masyarakat. Ada saja anggota yang lalai, mungkin sehabis makan, dia tidak langsung pakai masker, malah ngobrol-ngobrol tanpa pakai masker dan tidak menjaga jarak. Itu yang saya beberapa kali saya temukan saat saya sidak ke satker-satker," kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

Iqbal menerangkan turun langsung mengawasi jalan atau tidaknya protokol kesehatan di Mapolda NTB karena khawatir laporan anggotanya hanya ABS alias 'asal bapak senang'. Bukan hanya di Mapolda, lanjut Iqbal, dia juga telah melihat langsung penerapan protokol kesehatan yang ketat di jajaran polres.

"Ya saya tidak hanya mau terima laporan-laporan saja. Saya tidak mau mendengar semua sudah disiplin. Saya mau melihat langsung kedisiplinan itu. Alhamdulillah, di lingkungan Polda NTB yang saya lihat mereka sudah sadar akan pentingnya memutus mata rantai itu (penularan COVID-19). Bukan hanya Polda, karena awal saya menjabat sebagai Kapolda situasinya sudah pandemi dan saya selama sebulan pertama menjabat memang fokus berkeliling seluruh polres di NTB, saya melihat, 'Oh ini di jajaran kesadarannya, penerapan protokol kesehatannya sudah bagus'," jelas Iqbal.

Dia menjelaskan Provos di seluruh jajaran Polda NTB juga dikerahkan untuk mengawasi perilaku para anggota. Yang ketahuan tak menerapkan protokol kesehatan, Iqbal menegaskan, akan langsung ditegur bahkan akan dicatat nama-namanya.

"Kami tegur (yang tidak disiplin protokol kesehatan). Saya minta Provos catat itu. Dalam hal ini, tentunya saja mengedepankan Provos karena memang sesuai fungsinya. Provos pun patroli terus, baik yang di tingkat polda, polres, maupun polsek. Sudah jelas perintah saya, awasi betul, tindak langsung anggota yang kedapatan kurang peka soal ini," terang Iqbal.

Iqbal menuturkan dari hasil pengamatan CCTV, kebiasaan baru seperti mengukur suhu tubuh anggota dan mencuci tangan sudah berjalan baik. Iqbal mengapresiasi hal tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2