Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan ke ANRI Usai Dipamerkan di Istana

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 15:52 WIB
Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan ke ANRI Usai Dipamerkan di Istana
Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Naskah asli teks proklamasi yang berisi tulisan tangan sang proklamator, Ir Sukarno, dikembalikan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Naskah tersebut sebelumnya ditampilkan dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka.

"Alhamdulillah pada kesempatan pagi hari ini, kami bisa menyerahkan kembali secara utuh kepada ANRI naskah proklamasi yang kami pinjam sementara untuk keperluan pelaksanaan HUT RI. Naskah proklamasi ini tentunya merupakan dokumen sejarah yang amat sangat berharga, punya nilai sejarah yang sangat luar biasa, yang harus tetap kita jaga," kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Ucu di gedung O, ANRI, Jakarta, seperti dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (18/8/2020).

Naskah asli teks proklamasi itu dibawa dari Istana Merdeka menuju ANRI dan dilakukan proses serah-terima. Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Ucu menyerahkan langsung naskah teks asli proklamasi tersebut kepada Sekretaris Utama ANRI Imam Gunarto. Sejumlah pejabat tinggi ANRI turut menyaksikan proses serah-terima tersebut.

Ucu menjelaskan naskah tersebut diverifikasi terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke ANRI. Dia memastikan pihak Istana menjaga naskah tersebut dengan baik.

"Alhamdulillah, tadi setelah dilakukan proses pengujian oleh tim dari laboratorium ANRI, naskah yang kami kembalikan berarti benar-benar asli naskah awal yang semula kami bawa ke Istana. Artinya, kami di Istana semuanya bisa menjaga dokumen bersejarah itu dengan baik dan sebagaimana harusnya," ujar Ucu.

Sementara itu, Sekretaris Utama ANRI Imam Gunarto mengapresiasi pihak Istana Kepresidenan yang menampilkan naskah asli teks proklamasi pada peringatan HUT ke-75 RI.

"Kami atas nama Arsip Nasional dan Komunitas Kearsipan Nasional menghaturkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah untuk bisa memamerkan arsip teks proklamasi yang asli dalam peringatan yang sangat penting bagi negara kita," kata Imam.

(knv/dhn)