Sampaikan Aspirasi Warga Sumbar, Andre Temui Dirut Telkomsel

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 09:01 WIB
Andre Rosiade (kiri) dan Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro (kanan)
Foto: Andre Gerindra (kiri) dan Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro (kanan)
Jakarta -

Di saat pandemi, mayoritas pembelajaran di lakukan secara online. Persoalan mengenai jaringan yang belum merata pun mengemuka. Untuk itu, Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre menyampaikan aspirasi warga secara langsung ke Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro.

Masih hangat dalam ingatan peristiwa yang terjadi di Jorong Sungai Guntuang, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam. Peserta didik dari daerah tersebut harus naik ke puncak bukit untuk mendapatkan sinyal supaya tetap bisa mengikuti KBM daring. Informasi ini juga sempat viral di Indonesia sebulan terakhir.

Selain urusan sinyal di Agam, dalam pertemuan dengan Setyanto, Andre juga membawa aspirasi dari masyarakat Kabupaten Dharmasraya dan Sijunjung.

"Saya hari ini bertemu dengan pak Dirut Telkomsel sesuai dengan aspirasi masyarakat Sumbar. Mengantarkan surat dari Bupati Agam Indra Catri yang menitipkan harapan kepada kami. Agar daerah-daerah blank spot di Agam, bisa dibantu pembangunan BTS (base transceiver station) atau tower," kata Andre yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre menyebut, di Agam ada sejumlah titik yang benar-benar tanpa sinyal, karena berada di antara perbukitan dan lembah yang penuh hutan. Dia berharap Telkomsel mau membantu pembangunan BTS. "Pak, ini titik-titik dan koordinatnya lengkap. Surat langsung dari Bupati Agam," kata Andre sembari menyerahkan surat kepada Setyanto Hantoro.

Kedua, kata Andre, diserahkan proposal pembangunan tower untuk Nagari Padukuhan, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya. Kabupaten paling ujung di Sumbar yang berbatasan dengan Jambi.

Andre Rosiade (kiri) dan Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro (kanan)Andre (kiri) dan Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro (kanan) Foto: Andre (kiri) dan Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro (kanan)

"Tolong dibantu pak, agar warga di sana juga bisa menikmati sinyal dan mengetahui dunia luar. Apalagi sekarang sekolah mayoritas daring," kata Andre.

Selanjutnya, sebut Andre, penyerahan proposal pembangunan BTS di Nagari Pulasan, Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung. Proposal itu juga langsung dibuat oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin. Karena, masih banyak lokasi-lokasi yang tidak memiliki sinyal di Sijunjung.

"Sesuai janji kami, Andre sebagai anggota DPR RI bertugas mengayomi masyarakat Sumbar. Ini bagian tugas kami menyampaikan aspirasi masyarakat Sumbar yang menginginkan sinyal Telkomsel di Sumbar. Hari ini kami datang menemui pak Dirut. Insya Allah pak dirut akan membantu kita," sebut Andre.

Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro berterima kasih kepada Andre yang langsung memberikan surat dan proposel pembangunan tower Telkomsel kepadanya. Tentunya, dia akan langsung meminta timnya di Sumbar untuk menindaklanjutinya. Karena, Telkomsel akan terus membangun tower untuk memeratakan sinyal.

"Kami akan mencoba melaksanakannya pak Andre," kata Setyanto.

Telkomsel memang menargetkan pembangunan sekitar 23.000 unit BTS 4G di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2020. Ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam pemerataan akses jaringan di seluruh wilayah Indonesia.

Fokus pembangunan BTS 4G tahun ini juga sebagai wujud konsistensi meningkatkan kapasitas dan kecepatan, serta kenyamanan stabilitas akses guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap gaya hidup digital. Telkomsel terus mengakselerasikan pertumbuhan jaringan broadband terutama 4G yang agresif untuk mendukung ekosistem gaya hidup digital.

(fjp/fjp)