Round-Up

Aneka Makna Baju Adat Pejabat Saat Upacara HUT RI di Istana

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 07:09 WIB
Presiden Joko Widodo memakai baju adat Timor Tengah Selatan
Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga tampil berbusana adat di hari kemerdekaan RI. Tentu saja, dia juga mengikuti upacara secara virtual karena Pandemi COVID-19 tidak memungkinkan para menteri berkumpul di Istana Merdeka. Soal baju, dia memilih baju dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan topi yang khas.

"Secara kebetulan, saya memilih baju adat dari provinsi yang sama dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi, yakni dari Nusa Tenggara Timur. Jika Pak Jokowi dari Timor Tengah Selatan, Saya memakai baju adat dari Pulau Rote," kata Budi lewat akun Instagramnya.

View this post on Instagram

Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 RI yang berlangsung tadi pagi di Istana Negara, berbeda penyelenggaraan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena adanya pandemi COVID-19. Tahun ini, masyarakat tak bisa ikut secara langsung mengikuti upacara di Istana Negara. Sebagai gantinya pemerintah menyediakan 17.845 kuota undangan bagi masyarakat, untuk mengikuti upacara secara virtual. Pasukan pengibar bendera pun tahun ini berjumlah tiga orang. Ketiganya adalah anggota cadangan paskibraka tahun 2019, karena tahun ini tidak ada seleksi untuk paskibraka. Upacara yang dilaksanakan di Istana Merdeka pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah pejabat negara yang hadir juga dibatasi. Selain Presiden @jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (@kyai_marufamin), pejabat lain yang hadir langsung di Istana adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo @bambang.soesatyo (pembaca teks proklamasi), Menag Fachrul Razi @fachrulrazi__official (pembaca doa), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto @hadi.tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Saya dan pejabat eselon 1 di lingkungan Kementerian Perhubungan mengikuti upacara tersebut secara virtual, dari kantor kami. Kendati secara online, kami mengikuti upacara secara khidmat dengan memakai baju adat, sebagaimana halnya Presiden dan Wakil Presiden, serta peserta upacara lainnya di Istana Negara. Secara kebetulan, saya memilih baju adat dari provinsi yang sama dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi, yakni dari Nusa Tenggara Timur. Jika Pak Jokowi dari Timor Tengah Selatan, Saya memakai baju adat dari Pulau Rote. Dirgayahu Republik Indonesia #IndonesiaMaju #BangkitUntukIndonesiaMaju #PenghubungIndonesia

A post shared by Budi Karya Sumadi (@budikaryas) on Aug 17, 2020 at 2:45am PDT

Nama topinya adalah Ti'i Langga, berbahan daun pohon lontar yang dianyam. Bagian atasnya terdapat cula. detikcom pernah mengunjungi Pengrajin Ti'i Langa di Desa Oetutulu dan mendapatkan makna dari topi ini.

Jika diperhatikan, anyaman di topi ini begitu erat dan menguatkan. Ini mengandung nilai persatuan. Bentuk cula di topi ini adalah tegaknya persatuan.

Ketua DPR Puan Maharani juga mengenakan busan adat. Dia mengenakan busana Tengkuluk Bai-bai dari Jambi. Baju berwarna merah ini dilengkapi kalung berwarna emas dan kerudung. Puan mengunggah penampilannya di akun Instagram-nya.

Halaman

(dnu/dnu)