Round-Up

5 Momen saat Upacara HUT RI Digelar di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 05:01 WIB
Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI di Istana
Upacara HUT RI ke-75 / Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Tak Tampak di Tayangan, SBY Ternyata Ikut Upacara Virtual

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak tampak dalam tayangan upacara yang disiarkan pihak Istana. Di saat yang sama, ada Megawati hingga JK yang terlihat di tayangan tersebut.

Ternyata, SBY sebenarnya tetap mengikuti upacara virtual tersebut dari kediamannya di Cikeas. Hal itu ditegaskan oleh Staf khusus SBY, Ossy Dermawan.

"Pagi hari ini pukul 09.45 WIB, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengikuti secara virtual jalannya Upacara Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2020 yang berlangsung di Istana Merdeka bersama para staf, Rumga, Paspampres yang berdinas beserta atlet klub bola voli Lavani di Lavani Sports Center Cikeas," kata Ossy Dermawan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur saat menghadiri upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-75, di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/8/2020)5 Momen saat Upacara HUT RI Digelar di Tengah Pandemi Foto: dok. Setpres

Upacara Catatkan Rekor MURI

Upacara peringatan HUT ke-75 RI yang digelar di Istana Merdeka dan diikuti secara virtual oleh masyarakat di seluruh daerah Indonesia mencatatkan rekor istimewa. Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) pun menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekretariat Presiden atas pencapaian ini.

"Kami menunaikan tugas kami pada siang hari ini mewakili Museum Rekor-Dunia Indonesia untuk menganugerahkan satu rekor yang istimewa sekali karena rekor ini belum pernah terjadi di persada Nusantara ini, yaitu upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, acara daring oleh peserta terbanyak sekaligus juga yang pertama dilakukan sejarah," Ketua Umum Muri, Jaya Suprana, dalam konferensi pers seperti ditayangkan akun Sekretariat Presiden, Senin (17/8/2020).

Piagam penghargaan kemudian diserahkan dari perwakilan Muri kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Heru menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut


(imk/imk)