Polda Kalsel Bagikan 1 Juta Masker ke Warga di Peringatan HUT RI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 19:59 WIB
Peringati HUT RI, Polda Kalsel Bagikan 1 Juta Masker ke Warga
Foto: Polda Kalsel bagikan 1 juta masker di peringatan HUT RI (dok.Polda Kalsel)
Banjarmasin -

Momen HUT ke-75 RI diperingati oleh Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan berbagi masker. Total ada 1 juta masker yang dibagikan ke warga.

"Momentum HUT RI kali ini diperingati berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan kondisi penuh keprihatinan akibat pandemi Covid-19 yang masih melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia, terkhusus wilayah Kalimantan Selatan yang tidak luput dari penyebaran Virus Covid-19," ujar Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta dalam keterangannya kepada detikcom, Sabtu (17/8/2020).

Oleh karena itu, HUT RI di Kalsel kali ini diperingati Polda Kalsel dengan bakti sosial. Selain 1 juta masker, Polda Kalsel juga membagikan paket sembako berupa beras, tali asih, dan santunan yang disebar kepada masyarakat umum, panti asuhan, pondok pesantren, panti jompo, Pertuni, Warakawuri dan personil Polri yang mengalami sakit permanen.

"Dampak akibat situasi pandemi ini sangat besar, khususnya dalam aspek ekonomi dan sosial yang tentunya berimbas bagi masyarakat terlebih bagi masyarakat kecil dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," katanya.

"Dengan semangat Kemerdekaan RI ke-75 ini, kita jalin solidaritas dengan terus berjuang tanpa pamrih dan penuh dedikasi kepada bangsa dan negara untuk bersatu padu dan bergotong royong menghadapi permasalahan bangsa ini, khususnya dalam menanggulangi pandemi Covid-19," imbuh Nico.

Mantan Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya ini mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan dan mengisi Hari Kemerdekaan dengan kegiatan yang positif serta memiliki manfaat bagi semua. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

Sementara, puncak perayaan HUT ke-75 RI di Kalimantan Selatan diperingati oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada pagi tadi. Jajaran Forkopimda menggelar upacara peringatan HUT RI secara singkat dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Di Kalsel kita upacara pakai zoom meeting. Ada dua agenda upacara, pertama di Provinsi Kalsel dihadiri Forkopimda, kemudian dilakukan dengan zoom meeting dengan istana," kata Nico.

Pada puncak peringatan HUT RI di Kalsel ini, kata Nico, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memberikan hadiah ke Kampung Tangguh Banua yang dinilai sukses menanggulangi COVID-9 di lingkungannya. Adapun, juara umum 1 jatuh ke Desa Batulicin Irigasi, Kabupaten Tanah Bumbu; juara 2 Desa Banyu Hirang, Kabupaten HSU dan juara umum 3 jatuh ke Kelurahan Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru.

(mea/mea)